PopularSports

Kabar Lanjutan Kompetisi Liga-Liga Top Eropa

0
Kompetisi liga eropa
Liga Eropa | Source : Newsmarketsoccer.com

ALINEA Sejak pekan pertama Maret lalu, gelaran kompetisi liga sepak bola di penjuru dunia musim 2019/2020 terhitung berhenti. Hal ini karena pandemi virus Corona yang begitu ganas.

Pandemi virus ini membuat pihak pengelola kompetisi sepak bola belum mampu menentukan jadwal baru untuk kompetisi liga di berbagai negara. Tidak hanya liga domestik, jadwal dua turnamen besar yakni Piala Eropa dan Copa America juga berubah. Ajang tersebut urung digelar musim panas mendatang dan ditunda setahun.

Liga Inggris

Berdasarkan hasil rapat petinggi penyelenggara Liga Inggris, sejauh ini telah dipastikan akan liga akan tetap bergulir. Namun, dengan satu syarat, yakni sampai ketika kondisi benar-benar aman untuk melanjutkan sisa pertandingan yang ada.

Pihak Pemerintah Inggris dan semua klub dikabarkan setuju untuk melanjutkan kompetisi sampai selesai dengan semestinya. Namun, tanggal kick off lanjutan liga inggris ini belum dapat dipastikan. Karena Liga Inggris 2019-2020 baru bisa bergulir kembali jika memang kondisinya memungkinkan.

Sebab, semua pihak tak mau mengambil risiko menjalankan kompetisi kembali. Apalagi ketika wabah virus corona masih menghantui jalannya pertandingan Liga Inggris 2019-2020.

“Prioritas Liga Inggris adalah kesehatan dan keselamatan para pemain, pelatih, manajer, staf klub, pendukung dan masyarakat luas. Jadi, pihak Liga dan klub sedang mempertimbangkan langkah tentatif ke depan. (Liga) hanya akan kembali ke pelatihan dan bermain dengan bimbingan pemerintah,” pernyataan resmi pihak Liga Inggris. Dikutip dari Sportskeeda, Sabtu (2/5/2020).

Liga Italia

Sementara dari kabar kelanjutan Liga Italia masih belum jelas. Keputusan akan diambil Rabu (6/5/2020) saat Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengadakan pertemuan dengan Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora. Sebelumnya seluruh klub Liga Italia sepakat untuk melanjutkan sisa musim 2019/202020 yang terhenti sejak Maret akibat pandemi virus Corona Covid-19. Jika diizinkan, kompetisi kemungkinan akan berlanjut kembali mulai 14 atau 21 Juni 2020.

Liga Prancis

Untuk lanjutan kompetisi Liga 1 Prancis, Paris St-Germain diputuskan sebagai juara Ligue 1 untuk musim ini. Keputusan ini diambil setelah sebelumnya pemerintah Prancis memutuskan untuk menunda segala bentuk acara yang melibatkan masa dalam jumlah banyak.

Pemerintah Prancis memutuskan PSG sebagai juara musim ini dengan keunggulan 12 poin di puncak klasemen. Dengan ini, sisa satu pertandingan yang belum dimainkan. Sebelumnya Liga 1 Prancis telah berhenti menggelar pertandingan akibat wabah corona sejak 13 Maret lalu.

Liga Spanyol

Kemudian, ada kabar dari negeri Matador. Pemerintah Spanyol telah memberikan izin kepada pengelola La Liga untuk melanjutkan kompetisi musim ini pada Juni 2020.

Selain itu, tim-tim peserta juga mendapat lampu hijau untuk menggelar sesi latihan. Meski begitu, pemerintah Spanyol mengajukan syarat lebih dulu jika rencana itu ingin terwujud. Melalui Kementerian Olahraga, Pemerintah Spanyol meminta para pemain dan pelatih menjalani tes virus corona lebih dulu sebelum berlatih.

Dari lain kompetisi, hadirnya kasus di Cologne menjadi pukulan bagi kompetisi Bundesliga Jerman yang direncanakan akan kembali dilanjutkan. Liga merencanakan untuk melanjutkan musim pada 9 Mei, namun mereka masih memerlukan izin dari pemerintah Jerman. Penundaan keputusan pada pekan ini dapat bermakna liga belum akan dilanjutkan sebelum 16/5/2020. Keputusan final diperkirakan dapat dihasilkan pada Rabu 6 Mei mendatang.

(Hamzah Abdullah)

Hamzah Abdullah

Awas Bikin Ngiler! Inilah Menu Takjil dari Berbagai Dunia

Previous article

Tokopedia Diduga Bocorkan Data Pengguna, Ini Tanggapan Kominfo

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Popular