Lifestyle

Awas Bikin Ngiler! Inilah Menu Takjil dari Berbagai Dunia

0
Doc. kompasiana

Berbukalah dengan yang manis-manis. Tentu kalian sudah tidak asing dengan kalimat tersebut, kan? Kalimat yang selalu populer dikala bulan Ramadhan ini memang sudah menjadi kebiasaan di Indonesia. Sesuai dengan kalimat tersebut, takjil buka puasa di Indonesia mayoritas mempunyai cita rasa manis. Misalnya kolak, es buah, es campur, kurma, dan hidangan manis lainnya. Eits! Tapi bukan hanya di Indonesia saja loh yang ada takjil bercita rasa manisnya. Di berbagai negara di dunia juga punya takjil manis yang cocok untuk menemani buka puasa. Hmmm, kira-kira apa saja, ya?

Gullac, Turki

Doc. Dem Turkish Center

Gullac merupakan hidangan penutup yang terkenal di Turki. Pada saat bulan puasa, Gullac menjadi takjil andalan untuk berbuka puasa. Dessert ini berbentuk seperti puding dengan tekstur lembut dan hidangkan pada saat dingin. Gullac terbuat dari tepung maizena, tepung terigu, dan air sari mawar. Terkadang juga dihidangkan dengan potongan buah segar agar semakin nikmat. Bagaimana, Liners? Berniat untuk mencoba hidangan khas Turki ini?

Kaak, Tunisia

Doc. Taste of Beirut

Kue yang sekilas mirip donat ini berasal dari Tunisia. Roti yang dipipihkan dan dipanggang ini sebenarnya mempunyai beragam bentuk, tidak selalu berbentuk seperti donat. Terkadang memiliki isian, namun juga ada yang tidak. Kue ini sering dinikmati bersama dengan teh hangat sebelum menyantap hidangan utama.

Uniknya nih, dalam proses pembuatannya Kaak akan menjadi sekeras batu, namun saat proses pendinginan, Kaak akan berubah menjadi kue yang lembut untuk dimakan.

Qatayef, Arab Saudi

Doc. Pinterest

Hidangan penutup khas Arab Saudi yang satu ini termasuk salah satu menu andalan saat berbuka puasa loh, Liners. Makanan yang sering disebut Pancake-nya Arab Saudi ini terbuat dari bahan utama kayu manis, kemudian diisi dengan adonan kacang kenari dan gula.

Qatayef memiliki cita rasa manis, gurih, dan lumer di lidah. Cita rasa nikmat ini didapat pada saat proses pembuatan, yaitu dengan digoreng, lalu dikeringkan sebentar. Kemudian terakhir direndam dalam sirup gula vanilla. Makanan wajib buka puasa di daerah Yordania dan Arab Saudi ini lebih nikmat lagi jika disantap menggunakan saus madu di atasnya.

Sawine, Trinidad dan Tobago

Doc. Trinidad Guardian

Pernah membayangkan rasa bihun dicampur dengan kuah susu? Kira-kira seperti apa ya rasanya? Kalau Liners penasaran, mungkin bisa mencoba takjil khas Trinidad dan Tobago yang satu ini. Namanya adalah Sawine. Takjil dengan kuah susu yang dibumbui dengan jahe dan kayu manis ini. Selain itu, hidangan bercita rasa manis ini juga mengandung kacang-kacangan. Selain di kawasan Karibia, takjil khas Ramadhan ini dapat ditemukan juga di Yordania.

Bastani, Iran

Doc. Food and Wine Magazine

Hidangan dingin bercita rasa manis yang terakhir ada Bastani. Es krim asal Iran ini biasa disebut dengan es krim Persia. Makanan ringan yang satu ini dibuat dari susu, telur, gula, air mawar, kunyit, vanilla, dan pistachio (tanaman penghasil biji-bijian). Bastani sangat cocok dinikmati pada saat buka puasa karena teksturnya yang lembut dan manis mampu menghilangkan dahaga setelah berpuasa seharian. Es krim yang meleleh di lidah ini pasti bakalan membuat Liners ketagihan, deh!

Nah, itulah beberapa takjil unik dan manis dari berbagai negara. Adakah yang menarik minat Liners untuk dicoba?

Printa Suriyanto

Kabar Gembira! Indonesia Produksi Alat Uji PCR & Ventilator

Previous article

Kabar Lanjutan Kompetisi Liga-Liga Top Eropa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle