·

Kembali Digelar, 3rd Jogja Violin Festival 2022

ALINEA – Dalam rangkaian Kampanye #Indonesiapulih P3PKN dan Kemenpar kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan 3rd Jogja Violin Fest 2022 di Destinasi Wisata Tebing Breksi, Yogyakarta pada Senin, (27/6/22).

Kegiatan ini menyajikan pagelaran musik, seni dan budaya yang dibungkus dalam kolaborasi bersama Komunitas Biola Jogja, pelaku Seni Tari dan Komunitas Band Modern.

Sumber : P3PKN

Festival yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI ini telah memasuki tahun ke-3 dengan mengusung judul: “Samsara Lesung dalam Serenade Violin”. Yang memiliki arti rayuan alunan dawai violin yang indah mampu menjadi pemicu terlahirnya kembali kesenian lesung yang akan terus ada tanpa akhir.

Selain rangkaian acara yang spektakuler, kegiatan 3rd Jogja Violin Fest 2022 ini juga melibatkan 175 UMKM yang terdiri dari 25 binaan Dinas Koperasi dan 150 binaan pengelola destinasi wisata tebing breksi.

Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid ini menarik kurang lebih 2000 penonton dan tamu undangan. “Namun tetap menjalankan prokes,” ujar Ridwan, Ketua P3PKN.

Sumber : P3PKN

Rangkaian kegiatan yang dihelat selama dua hari dari tanggal 26-27 juni 2022 ini terdiri dari bazar pameran UMKM, lomba violin, lomba menyanyi. Pagelaran kolaborasi komunitas biola bersama Barongsai Singa Mataram, Gita Seurune, Jathilan Seniman Muda Sambirejo, Sanggar Qinanty Sambirejo, Sanggar Seni Kujang, Symphonima, G’band. Dimeriahkan juga dengan Nos Indonesia, GAJ, Tommy Kaloka, Azza Koto, Navis Indonesia Idol yang dipandu oleh MC juga influencer Alit Jabang Bayi dan Firman Putra.

Dalam setiap tahunnya MMTC selalu terlibat dalam kegiatan ini. Symphonima adalah salah satu UKM yang dari tahun pertama ikut bekerjasama dalam JVF. Crew Jogja Violin Fest sendiri 80% berasal dari MMTC termasuk dosen prakteknya.

Baca Juga : Wisata Susur Sungai di Taman Nasional Sebangau Palangkaraya

Sumber : P3PKN

Mengangkat konsep Intimate Night Campfire Music, pagelaran ini menampilkan perpaduan kesenian etnik dan modern dari berbagai etnis yang dibalut dalam konser campfire yang intim. Selain didukung oleh Kemenparekraf dan Dispar DIY, kegiatan ini juga didukung oleh Badan Otorita Borobudur (BOB), BANK BPD DIY dan BRI Cabang Melati.

Deta Djuretwati selaku Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan JVF kali ini memang digelar spektakuler dengan mengkolaborasikan musik modern dengan perpaduan musik dan tari etnik antar budaya yang ada di Indonesia.

Deta juga berharap pada kegiatan JVF ke-4 2023 #indonesiabagus yang akan datang, mendapat perhatian khusus dan bisa menjadi program prioritas event unggulan dari Pemerintah Daerah (Dispar DIY) dan Pemerintah Pusat Kemenparekraf RI.


Penulis : Nunuk Parwati

Editor : Indah Nur Shabrina

Tags : | | |

BERITA TERKAIT