Melakukan Digital Decluttering, perlukah?

ALINEA – Di era sekarang ini, kita telah bergantung pada handphone maupun laptop. Ketergantungan tersebut menciptakan ‘sampah digital’ yang dapat memperlambat kinerja handphone, untuk mengurangi sampah tersebut kita perlu memahami dan melakukan digital decluttering. Apa itu digital decluttering?

Digital Decluttering merupakan suatu upaya memilah dan membersihkan sampah digital untuk menjaga ruang perangkat yang ada di handphone kita. Pembersihan tersebut bisa dilakukan dengan menghapus dokumen yang tidak penting, spam e-mail, riwayat pencarian internet, aplikasi yang jarang digunakan, hingga cache aplikasi.

Baca juga : 9 Rekomendasi Website Freelance untuk Mahasiswa

Pentingnya Digital Decluttering

Supaya kita merasa nyaman tinggal di dunia digital ini, tentunya perlu melakukan pembersihan secara rutin. Beberapa manfaat dari digital decluttering :

  1. Meningkatkan kinerja handphone maupun laptop sehingga mempermudah pekerjaan.
  2. Membersihkan penyimpanan dari berkas-berkas yang tidak penting.
  3. Mengurangi distraksi file yang berantakan.
  4. Menemukan dokumen dengan mudah karena file lebih teratur.

Lantas, bagaimana dan apa saja yang dapat dilakukan untuk melakukan digital decluttering? Simak penjelasannya dibawah ini!

Batasi screen time

Tentukan aktivitas digital yang perlu kita prioritaskan dan buatlah batasannya. Sebab, penggunaan screen time yang berlebihan dapat berbahaya untuk kesehatan dan mengganggu produktivitas.

Mengunggah dokumen penting ke cloud

Sangat penting untuk memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk meningkatkan kinerja handphone maupun laptop. Jika dokumen penting memakan banyak ruang, kita dapat mengunggahnya ke penyimpanan online seperti Google Drive, Dropbox, iCloud, dll.

Mengatur tampilan desktop

Tampilan desktop dapat mempengaruhi mood ketika melakukan aktivitas digital. Desktop yang rapi akan membantu kita menghindari kelelahan sebelum bekerja.

Menghapus akun yang jarang digunakan

Kita mungkin telah mendaftar ke berbagai situs web atau media sosial, tetapi kita jarang mengaksesnya. Menghapus akun yang jarang digunakan ini dapat mengurangi e-mail yang diterima serta menjaga informasi penting seperti password.

Membersihkan penyimpanan

Pembersihan ini memberikan dampak yang signifikan terhadap performa handphone maupun laptop. Hal ini dapat dilakukan dengan cara manual atau diatur secara otomatis sesuai sistem operasi handphone kita.

Cukup mudah, bukan? Digital decluttering tidak hanya membuat dokumen digital menjadi terorganisir, tetapi juga membuat handphone maupun laptop bekerja lebih cepat. Selain itu, kerapian dokumen-dokumen digital dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Penulis : Lamanda Nafa Alicia
Editor : Andika Syafitri Pratami

Baca juga : 5 Penyebab Stres Pada Mahasiswa yang Sering di Rasakan

Tags : |

BERITA TERKAIT