0

Alinea – Ratusan patung penari jika dibayangkan rasanya sedikit tidak mungkin, ya. Namun siapa sangka, di Banyuwangi, ada sebuah taman yang menyuguhkan pengunjung melihat karya seni, berupa patung penari wanita yang terbuat dari tanah liat. Taman bernama Gandrung Terakota ini terletak di  lahan persawahan terasering di kaki Gunung Ijen, tepatnya kawasan Jiwa Jawa Ijen Resort, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Taman yang resmi diresmikan sejak 2018 lalu ini, terinspirasi dari Terracotta Warrior and Horses di Tiongkok yang dibangun pada masa Kaisar Qin Shi Huang (259-210 SM), yang kemudian diadaptasi dengan suasana local yang kental, dengan mengangkat Tari Gandrung, sebagai salah satu Tari Ikon Khas Banyuwangi.

Patung-patung penari tersebar di area persawahan, dengan formasi yang berbeda-beda loh liners. Salah satu yang unik adalah, ada patung yang hampir seluruh badannya berada di dalam air, sehingga hanya memperlihatkan kepalanya saja.

Pemkab setempat berharap, dengan adanya Taman Gandrung Terakota ini, bisa menjadi daya tarik wisatawan, baik lokal maupun luar Banyuwangi, agar mengenal kesenian khas daerah setempat.

Untuk berkunjung kesini, Liners hanya perlu merogoh Rupiah sebesar 10.000 saja loh! Weekdays, buka dari pukul 08.00 sampai 16.00. Sedangkan Weekend, buka dari pukul 08.00 sampai 17.00. Dan, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya, apabila Liners ingin berkunjung kesana! Happy Travelling!

INCREATION 2020 : Gapai Mimpimu dengan Membangun Citra Diri

Previous article

Omzet Pedagang Malioboro Turun Drastis Hingga 80 Persen, Sultan HB X Meminta Maaf

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel