Kenali Jenisnya, Agar Tetap Nyaman Naik Kereta Api Ekonomi

Private Seat Kereta Jayakarta Premium (dok. Train.web.id)


Yogyakarta – Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, tak heran jika banyak ditemukan mahasiswa dari berbagai kota merantau ke Yogyakarta dan jauh dari keluarga, membuat tradisi pulang kampung alias mudik pun menjadi salah satu momen penting bagi para perantau untuk melepas rindu akan keluarga di rumah. Bukan cuma saat lebaran saja, tapi juga saat liburan semester.

Nah, untuk bisa sampai ke kampung halaman, ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa dipertimbangkan nih Liners, salah satu nya kereta api yang harga tiketnya relatif murah dibandingkan dengan transportasi bus atau pesawat, ditinjau dari berbagai sisi dan selera.

Jakarta–Yogyakarta menjadi salah satu destinasi yang banyak dituju saat liburan. Menghabiskan waktu sekitar 7–8 jam perjalanan. Pilihan kereta api nya pun beragam.

Bagi Liners yang ingin jalan–jalan dari Jakarta ke Yogyakarta ataupun sebaliknya dengan budget minim. Dilansir dari instagram resmi Kementrian BUMN. Sekarang ini, PT KAI Indonesia (Persero) menyediakan beberapa jenis kereta kelas ekonomi dengan harga yang cukup terjangkau lho!

Perbedaan yang paling mendasar terdapat pada fasilitas, interior dan jenis kursinya yang berbeda. Untuk kategori harga tiket paling murah ada ‘Ekonomi 106 Seat’ dengan kisaran harga Rp 74 ribu – Rp 125 ribu per-orang, jenis kereta ini memiliki model kursi long seat dengan sandaran tegak yang digunakan di KA Subsidi dan Komersial, disusun dengan model 2–3, kursi penumpang saling berhadapan, dilengkapi dengan AC Split. Kereta yang termasuk kategori ini ada KA Bengawan, Gaya Baru Malam Selatan, dan Progo.

Tidak berbeda jauh dengan ‘Ekonomi 106 Seat’, pada kategori ‘Ekonomi 80 Seat’ ini juga masih menggunakan model kursi long seat yang disusun 2 – 2 berhadapan dengan jarak antar kursi yang cukup lebar serta dilengkapi dengan AC Sentral. Kisaran harganya Rp 145 ribu – Rp 230 ribu per-orang. KA Bogowonto, Gajahwong, dan Jaka Tingkir termasuk dalam kategori ini.

Selanjutnya terdapat kategori ‘Ekonomi Premium’. Seperti namanya, walaupun menyandang status sebagai kelas ‘ekonomi’, dengan jalur rute yang sama tetapi dari segi harga dan fasilitas yang diberikan, terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Dengan kisaran harga Rp 185 ribu – Rp 350 ribu per orang, jenis kereta ini memberikan kenyamanan yang lebih kepada penumpang nya dengan menggunakan model kursi private seat yang dapat diatur sandaran kursinya dengan dipisahkan arm seat. Yang termasuk dalam kategori ini adalah KA Jayakarta Premium dan Mataram Premium.

Semua kategori tersebut dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, kantin, dan stop kontak di setiap sisi masing–masing kursi. Tersedia juga makanan, minuman, bantal dan selimut yang ditawarkan pramugara atau pramugari di dalam kereta.

Gimana? Ternyata kereta ekonomi gak kalah keren nya kan dari jenis kelas kereta lainnya. Dengan budget yang minim, naik kereta ekonomi bisa jadi pilihan Liners sebagai moda transportasi antar kota, atau mudik nanti.

Untuk pemesanan tiket kereta, Liners bisa langsung buka lewat web resmi PT KAI di https://www.kai.id/ disana kita bisa pilih jenis kereta, tempat duduk dan waktu keberangkatan sesuai dengan keinginan kita. Sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan kondisi keuangan, tujuan, dan kenyamanan Liners ya. (Nindy)

Tags : |

BERITA TERKAIT