HealthLifestyle

Puasa? Hindari Dehidrasi dengan Melakukan 6 Cara Ini!

0
(Dok. markbuchanan.net)

Alinea- Berpuasa berarti menahan diri dan hawa nafsu selama beberapa periode waktu, salah satunya kita harus menahan untuk tidak makan dan minum dari sahur sampai tiba waktunya untuk berbuka. Tetapi hal tersebut tidak dapat dijadikan alasan untuk mengurangi kebutuhan harian kita akan air putih.

Apabila Liners kekurangan cairan, maka dehidrasi dapat mengancam kondisi tubuh, Waduh! Ngeri juga ya? Oleh karena itu kita akan memberikan beberapa tips agar Liners dapat terhindar dari dehidrasi saat puasa.

Dikutip dari hellosehat.com berikut beberapa tips agar Liners terhindar dari dehidrasi saat puasa.

  • Tetap minum air sesuai kebutuhan
(Dok. konimex.com)

Sebenarnya kebutuhan cairan dan kalori tiap orang berbeda-beda. Kebutuhan ini bergantung pada aktivitas serta kondisi fisik dari setiap individu. Namun, memang rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 gelas air mineral per hari atau setara dengan 2 liter air.

Lalu bagaimana mengatur kebutuhan cairan saat berpuasa? Liners bisa menerapkan aturan 2-4-2 ketika berpuasa. Hal ini berarti 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur.

  • Jangan terlalu banyak makan makanan asin saat sahur
(Dok. beritagar.id)

Baru menjalani beberapa jam puasa tapi sudah merasa haus? Bisa jadi Liners kebanyakan makan yang bergaram. Makanan bergaram dapat membuat Liners kekurangan cairan.

Garam sangat berpengaruh terhadap pengaturan cairan di tubuh. Terlalu banyak garam yang masuk ke dalam tubuh hanya akan mengacaukan pengaturan tersebut dan akhirnya membuat Liners cepat haus.

  • Perbanyak cairan di malam hari menjelang sahur
(Dok. foodsforbetterhealth.com)

Bila Liners takut kembung akibat kebanyakan minum air saat sahur, Tenang, hal ini dapat disiasati dengan minum sebelum tidur di malam hari. Bahkan jika Liners terbangun di malam hari, usahakan untuk menyempatkan minum terlebih dahulu. Hal ini demi memenuhi kebutuhan cairan Liners dalam sehari.

  • Sahur penuh protein? Jangan lupa perbanyak minum
(Dok. polka.id)

Makanan berprotein tinggi dapat membuat Liners kehausan dalam waktu yang cepat dan kehilangan cairan. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam pertemuan Experimental Biology, menyatakan bahwa seseorang yang menerapkan diet protein tinggi dan menghindari karbohidrat cenderung berisiko mengalami dehidrasi lebih mudah ketimbang yang tak melakukannya.

Makan yang bergaram cepet haus, makan yang berprotein juga bikin haus, duh! Serba salah ya, Tenang, Liners  tidak perlu khawatir. Cukup seimbangkan kebutuhan air minum dengan porsi makan sahur. Niscaya Liners kuat menjalani puasa hingga maghrib tiba.

  • Konsumsi buah dan sayuran yang beragam
(Dok. avoskinbeauty.com)

Cairan tak hanya didapatkan dari minuman saja, tapi bisa juga dari makanan. Sebenarnya 10-20% kebutuhan cairan bisa Liners dapatkan dari makanan. Oleh karena itu Liners harus pintar-pintar memilih makanan yang mengandung cukup air sehingga bisa kenyang sekaligus kebutuhan cairannya terpenuhi. Salah satunya yang bisa Liners Jadikan menu untuk santap sahur dan berbuka adalah buah-buahan dan sayuran.

  • Hindari kafein saat sahur
(Dok. okezone.com)

Hindari mengonsumsi minuman yang berkafein atau memiliki kandungan gula tinggi – apalagi saat sahur. Hal tersebut hanya akan membuat tubuh kehausan dalam beberapa jam saja.

Air putih menjadi sumber cairan yang terbaik, selain mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh, air putih tak berisiko menimbulkan berbagai penyakit kronis di kemudian hari.

Nah, itu beberapa tips yang mungkin dapat membantu Liners dalam menjalankan ibadah puasa. Semoga lancar puasanya dan bersabar menahan godaan es di jalanan! (Tyo)

Octavian Prasetyo

Marak Produk Palsu, Banyak Pengrajin Genteng Godean Gulung Tikar

Previous article

Kurangi Limbah Tekstil dengan Tukar Baju

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *