Travel

Sambut Hari Pramuka, Ini Rekomendasi Tempat Perkemahan di Jogja!

0

ALINEA – 14 Agustus merupakan Hari Pramuka yang akan diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota gerakan pramuka. Pramuka identik dengan berkemah tentunya.

Liners, ada beberapa tempat perkemahan yang cocok untuk berkemah dengan teman-teman loh! Sekaligus untuk menyambut hari pramuka yang tentunya akan terasa menyenangkan.

Tentunya Liners bisa berkemah sambil menyalakan api unggun dan bercengkrama bersama teman-teman.

Dilansir dari beberapa sumber, Alinea merangkum tempat berkemah di Jogja paling asyik!

  • Pantai Ngrumput
Pantai Ngrumput, Gunungkidul (Dok. eksotisjogja.com)

Pantai Ngrumput terletak di daerah Gunungkidul. Pantai Ngrumput membuktikan bahwa tempat camping di Jogja tidak hanya terbatas pada tempat camping di hutan atau pegunungan saja, tapi pantai pun bisa jadi tempat camping yang asyik.

Di sini, pantainya masih terlihat sangat asri. Bahkan, menurut beberapa orang yang sudah pernah berkemah di pantai ini, pemandangan sunset di Pantai Ngrumput ini tidak ada duanya.

  • Hutan Wanagama
Hutan Wanagama (Dok. www.mldspot.com)

Tempat ini cocok untuk Liners yang ingin berkemah menyatu dengan alam sekitar. Hutan yang berada di kawasan Gunungkidul ini sempat nyaris punah karena banyak penebang-penebang liar yang menghabiskan pohon di hutan ini.

Namun, di tahun 1964 Prof Oemi Hani’in Suseno mereboisasi hutan ini. Suasana di hutan ini masih sangat asri. Apalagi udara di dalam hutan terasa sejuk dan bebas polusi.

  • Puncak Kosakora
Puncak Kosakora (Dok. unycommunity.com)

Puncak Kosakora merupakan puncak dari sebuah bukit di sekitar Pantai Drini Yogyakarta. Wisatawan bisa berkemah di sana, namun perlu melakukan trekking dulu untuk sampai ke puncaknya.

Namun, perjalanan ini akan menjadi perjalanan yang tidak terlupakan. Karena ketika trekking, wisatawan juga akan melewati sebuah pantai yang bernama Pantai Ngrumput. Pantai tersebut juga akan terlihat dari puncak bukit Kosakora.

Sampai saat ini, Puncak Kosakora tetap menjadi tempat camping di Jogja yang paling favorit bagi semua orang.

  • Waduk Sermo
Waduk Sermo (Dok. www.bakpiamutiarajogja.com)

Tak hanya pantai, gunung, dan hutan saja. Tempat perkemahan di Jogja juga ada yang terletak di pinggir danau loh, Liners! Waduk Sermodi daerah Kulon Progo ini dapat menjadi tempat camping yang menyenangkan.

Waduk Sermo menawarkan suasana yang tenang dan bersih. Pantulan cahaya matahari senja di air waduk ini membuat suasana di sekitar waduk menjadi lebih menarik.

Dari sini Liners bisa menatap langit malam dipenuhi bintang-bintang dengan sangat jelas. Waduk ini juga dikelilingi hutan yang menambah asri suasana di sekitarnya.

Itulah beberapa rekomendasi tempat berkemah yang menarik untuk dikunjungi serta menyambut Hari Pramuka. Tetap jaga kesehatan dan gunakan protokol kesehatan, ya!

(Mellinia Pranandari)

Mellinia Pranandari

“Doomscrolling”: Kebiasaan Menelusuri Berita Negatif

Previous article

Champions League : Bayern Munich Bantai Barcelona 8-2

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel