1

Alinea – Staycation, merupakan sebutan untuk liburan berupa bermalam singkat, di sebuah hotel atau villa. Tujuannya, hanya sekedar melepas penat dari kebosanan di rumah.

Staycation cocok dilakukan sendiri, atau bersama keluarga, hingga sahabat. Biasanya, mereka memanfaatkan faslitas hotel atau penginapan tempat mereka menginap, hingga dinner.

Di tengah pandemic ini, staycation agaknya tengah menjadi trend, karena dianggap, liburan tanpa harus berinteraksi dengan banyak orang. Alasannya, karena staycation hanya beraktifitas di kamar penginapan saja.

Namun, bukan berarti staycation sangat aman untuk dilakukan loh! Kalau tidak waspada dan tidak menerapkan protokol kesehatan, hotel atau penginapan adalah tempat umum, yang banyak dikunjungi oleh orang-orang.

Oleh karena itu, agar staycation tetap aman dan nyaman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sebelum melakukan staycation, ketika staycation, hingga setelah staycation.

  • Pastikan Hotel Yang Akan Didatangi Sudah Memenuhi Standar Protokol Kesehatan Covid 19.

Meskipun pemerintah sudah mengimbau kepada seluruh pelaku pariwisata, khusunya Hotel atau penginapan untuk menerapkan protokol kesehatan Covid 19 yang berlaku. Tidak ada salahnya kita untuk mengcross check lagi hotel yang akan kita datangi.

Apabila anda memesan melalui aplikasi penyedia layanan booking hotel, maka anda bisa mengecek, fasilitas penunjang kesehatan apa saja yang ditawarkan di hotel.

Hal paling standar adalah, menyediakan handsanitizer, sabun cuci tangan yang cukup, kamar yang terjamin telah disterilkan, penerapan pembatasan pengunjung, sampai protokol jaga jarak yang diterapkan kepada staff maupun pengunjung.

  • Pilih Hotel Atau Villa Dengan Sirkulasi Udara Yang Baik.

Hal ini perlu diperhatikan, karena menyebarnya Covid 19 kebanyakan terjadi di ruangan yang tertutup, dengan sirkulasi udara yang minim. Sirkulasi udara diperlukan agar perputaran udara di dalam ruangan baik, dan bisa meminimalisir penyebaran virus.

  • Private Room Sangat Direkomendasikan

Biasanya, ada beberapa villa yang berada di satu rumah, dan beberapa keluarga tinggal di rumah itu, namun berbeda kamar. Sebaiknya, bentuk penginapan bersama, harus dihindari. Mengingat, kita harus tetap menjaga jarak dan mengurangi kontak dengan pengunjung lain.

  • Membawa Perlengkapan Kesehatan Dan Perlengkapan Pribadi Dari Rumah

Walaupun hotel juga telah menyediakan alat mandi, alat kesehatan atau perlengkapan kesehatan sesuai standar Covid 19, akan lebih baik apabila kita membawa perlengkapan pribadi dari rumah. Karena selain terjamin higienisnya, peluang untuk tertular Covid 19 melalui barang – barang di tempat umum juga bisa dihindari.

  • Selalu Jaga Jarak!

Penting diperhatikan, hotel mungkin merupakan ruang public yang lebih pribadi, namun tidak menghilangkan peluang kita untuk bertemu pengunjung lain di hotel, seperti di restaurant, atau mungkin di lobby. Jangan lupa untuk tetap menerapkan physical distancing, baik dengan sesame pengunjung, maupun dengan staff yang bertugas.

  • Cek Kesehatan

Sebaiknya untuk mengecek kesehatan baik sebelum melakukan staycation, atau setelah melakukan staycation ya, sebagai bentuk kewaspadaan kita terhadap virus Covid 19.

Nah itu tadi beberapa tips bagi kalian yang ingin melakukan staycation di tengah masa pandemic. Pada intinya, kita harus tetap waspada, dan selalu menerapkan protokol kesehatan di manapun dan kapanpun ya!

(Rahma Fauziah)

Kesiapan Sirkuit Mandalika Jelang Gelaran MotoGP 2021

Previous article

Yellowing (Menguning) pada Sepatu? Ini Tipsnya!

Next article

You may also like

1 Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel