7 Perubahan setelah Queen Elizabeth II Meninggal

ALINEA – Queen Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia pada Kamis, 8 September 2022. Kematian Sang Ratu menjadi momen bersejarah dan membawa banyak perubahan bagi warga Inggris terutama simbol-simbol di beberapa fasilitas negara.

Berikut adalah perubahan yang terjadi setelah wafatnya Queen Elizabeth :

1. Pemimpin Tahta Kerajaan Inggris

Sumber : instagram/royalti.crown_
Sumber : instagram/royalti.crown_

Kematian Queen Elizabeth II meninggalkan ruang kosong untuk pemimpin monarki konstitusional Britania Raya, dan penerus tahta yang berhak untuk menggantikan posisi Sang Ratu adalah putra pertamanya yaitu Pangeran Charles. Sehari setelah pemakaman Queen Elizabeth, Pangeran Charles akan dinobatkan sebagai raja.

2. Gelar Seluruh Anggota Royal Family 

Sumber : The Jakarta Post
Sumber : The Jakarta Post

Seluruh posisi pewaris tahta akan berubah. Ketika Pangeran Charles jadi raja maka seluruh title keluarga inti kerajaan akan naik satu posisi.

Berikut gelar baru anggota Royal Family

Prince Charles : King Charles III
Camilla Parker Bowles : Queen Consort
Prince William : Prince of Wales
Kate Middleton : Princess of Wales

3. Uang

Sumber : Pixabay.com
Sumber : Pixabay.com

Gambar pada mata uang Inggris akan mengikuti siapa pemimpin konstitusional monarki di kerajaan mereka. Jadi pecahan uang logam dan kertas di Inggris akan berubah ketika Pangeran Charless naik tahta menggantikan ibunya. Mata uang yang sebelumnya bergambar Ratu Elizabeth akan ditarik dari peredaran dan diganti dengan uang baru bergambar Pangeran Charless. Hal ini membutuhkan proses yang panjang. Ada £80m mata uang yang beredar dan diprediksi butuh 2 tahun untuk mengganti mata uang baru secara keseluruhan.

4.  Kotak Pos dan Perangko

Sumber : bobo.id
Sumber : bobo.id

Logo kotak pos Royal Mail berubah dari ERII (Elizabeth Regina II) menjadi CRIII. Tidak jauh berbeda dari uang, perubahan kotak pos baru ini juga akan membutuhkan waktu lama karena diperkirakan ada 100 ribu kotak pos di Inggris namun Museum Pos menyatakan bahwa mereka tidak menarik edaran kartu pos lama melainkan hanya menambah kotak pos baru. Selain kotak pos, perangko juga akan berubah dari yang menunjukan profil Queen Elizabeth menjadi Pengeran Charless

5. Lagu Kebangsaan

Sumber : Wikipedia

Dengan Charless naik tahta, maka kata-kata di lagu kebangsaan akan diubah dari “God Save the Queen” menjadi “God Save the King”. Seluruh pronoun di lagu tersebut juga diubah dari Her menjadi Him.

Lirik lagu kebangsaan Inggris yang baru :

God save our gracious King!
Long live our noble King!
God save the King!
Send him victorious,
Happy and glorious,
Long to reign over us,
God save the King.

6. Royal Cypher

Sumber : Alamy

Royal Chipper adalah monogram atau perangkat sejenis berupa nama dan gelar raja. Biasanya terdapat di gedung pemerintahan, seragam, dokumen kerajaan atau negara, dan barang-barang yang berhubungan dengan kerajaan. Wafatnya sang ratu mengubah Royal Chipper dari inisial ER menjadi CR.

7. Paspor

Sumber : SUN Education Group

Kata ganti perempuan “Her” dalam pernyataan formal yang ada di paspor akan diubah menjadi “His“, seperti :

“His Britannic Majesty’s Secretary of State requests and requires in the name of His Majesty all those whom it may concern to allow the bearer to pass freely without let or hindrance and to afford the bearer such assistance and protection as may be necessary” 

Penulis : Avisa Zerlina

Baca Juga : 3 Profesi Data di Era Digital dengan Prospek Cemerlang!

 

Tags : | |

BERITA TERKAIT