Pasar Sekaten Yogyakarta Kembali Hadir. Kenalan Dulu, Yuk!

Sumber: Kumparan

 

ALINEA – Setelah dua tahun tidak diselenggarakan akibat pandemi, Pasar Rakyat Sekaten Yogyakarta kembali digelar. Terdapat dua acara yang berkaitan dengan perayaan ini, yaitu upacara Sekaten dan Pasar Rakyat Sekaten.

Bagi warga Yogyakarta tentunya tak asing lagi dengan upacara tradisional yang satu ini. Perayaan Sekaten merupakan salah satu rangkaian perayaan yang paling ditunggu-tunggu oleh warga Jogja, terlebih setelah dua tahun tak diadakan akibat pandemi. Tidak hanya pasar rakyatnya yang meriah, upacara Sekaten pun menjadi hal wajib yang tidak dapat dilewatkan karena sarat akan budayanya.

Mungkin sobat liners ada yang belum tau tentang Perayaan Sekaten di Yogyakarta. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini, yuk!

Perbedaan Upacara Sekaten dan Pasar Rakyat Sekaten
Pasar Rakyat Sekaten
Sumber: Kotajogja.com

Upacara Sekaten merupakan upacara tradisional yang diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Upacara ini diselenggarakan setiap tanggal 5 sampai 11 Rabiul Awal. Diawali dengan gamelan yang akan dibunyikan sebagai tanda upacara Sekaten dimulai, kemudian dipindahkan ke area halaman Masjid Besar. Tahapan akhir yaitu pengembalian gamelan ke keraton setelah satu minggu kemudian.

Sementara itu, upacara Sekaten berbeda dengan Pasar Rakyat Sekaten. Pasar rakyat ini merupakan bagian pelengkap untuk memeriahkan. Pasar Rakyat Sekaten diadakan selama satu bulan penuh dan akan dimeriahkan oleh ratusan stand UMKM, kuliner, panggung hiburan, dan wahana permainan.

Namun, ada perbedaan yang signifikan di tahun 2022 ini. Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara menjelaskan kepada masyarakat agar tidak salah mengartikan antara pasar rakyat dengan sekaten. Sekaten adalah sebuah tradisi yang hanya berada di Keraton Jogja, sedangkan pasar rakyat itu sendiri tidak termasuk. Ketua Sekber Keistimewaan DIY sepakat dengan penjelasan GKR. Oleh karena itu, pasar rakyat tahun ini mengambil nama Pasar Rakyat Jogja Gumregah.

Jadwal dan Lokasi
Grebeg Mulud
Sumber: Backpacker Jakarta

Upacara Sekaten diselenggarakan tiap tahunnya di tanggal 5 sampai 12 Rabiul Awal atau 1-7 Oktober di tahun 2022 ini. Puncaknya pada tanggal 8 Oktober 2022, yaitu diadakannya Grebeg Mulud. Upacara Sekaten Yogyakarta biasanya dilakukan di Masjid Besar Pakualam, namun belum dapat dipastikan apakah tempatnya masih sama seperti sebelum pandemi atau berbeda.

Sedangkan Pasar Rakyat Jogja Gumregah akan diselenggarakan sebulan penuh, mulai tanggal 16 September 2022 hingga 16 Oktober 2022. Pasar rakyat ini berlokasi di lahan bekas kampus Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Kerjasama di Jalan Parangtritis KM 3, Bantul.

 

Penulis : Kartika Sari

Editor : Syaula Aida Rizqiyah

Baca juga : Pasar Kangen, Kumandange Pasar Yogyakarta


 

Tags : | |

BERITA TERKAIT