·

7 Tempat Makan Nuansa Alam di Yogyakarta ala Mas Dolan

instagram.com/dolan.aja

ALINEA – Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari keraton, bangunan bersejarah, candi, pantai, gunung, museum, dan tak terkecuali tempat makan.

Banyak tempat makan di Yogyakarta yang menawarkan pemandangan alam yang indah, nyaman, unik, serta berbeda dari tempat makan lainnya di wilayah perkotaan.

Travel influencer, Satria Kurnia Jaya, atau lebih dikenal sebagai Mas Dolan berbagi rekomendasi tempat makan dengan nuansa alam di Yogyakarta.

Untuk selengkapnya, simak informasi dibawah ini ya, Liners!

1. Ledok Sambi Outbond Ecopark

instagram.com/ledoksambiecopark

Ledok Sambi Outbond Ecopark merupakan komplek outbound, camping, sekaligus tempat makan yang berada di tepi Kali Kuning, Sleman. Liners bisa menikmati suasana alami khas pedesaan dan makan di tepi sungai dengan pemandangan sawah dan gunung yang sangat cantik.

Menu yang disajikan pun beragam. Ada nasi nila bakar, nasi ayam goreng laos, bakso, mendoan, pisang goreng, aneka kopi khas Ledok, dan masih banyak lainnya.

Lokasi : Jalan Kaliurang KM 19,2, Desa Sambi, Kecamatan Pakem, Sleman.

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-16.30 WIB.

2. Kopi Klotok

instagram.com/kopiklotok

 

 

Siapa yang tak kenal dengan Kopi Klotok? Warung yang berada di daerah Jakal ini sangat populer, dan sering menjadi tempat yang dituju orang-orang dari luar Yogyakarta, termasuk para artis dan pejabat.

Selain kopi yang tak diragukan lagi kenikmatannya, tempat ini juga menyediakan beragam makanan yang menggugah selera. Ada sayur lodeh, sego megono, tempe garit, dan juga ada pisang goreng yang kerap jadi rebutan para pelanggan. Makanannya bisa diambil prasmanan, lho!

Lokasi: Jalan Kaliurang KM 16, Kledokan, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-21.30 WIB.

3. Pawon Mbah Gito

instagram.com/pawonmbahgito

Masih di Sleman, ada Pawon Mbah Gito yang menyajikan pemandangan persawahan dengan konsep semi prasmanan. Tempat ini juga menyediakan area rooftop sehingga para tamu bisa menikmati pemandangan sekitar dari atas.

Menu andalan di Pawon Mbah Gito ada berbagai jenis. Di antaranya brongkos, sop iga, bakmi jawa, nasi bebek, rawon, mangut lele, mangut manyung, ayam sisit, dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Jalan Pasir Luhur, Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-22.00 WIB

4. Bale Mindo

instargram.com/bale_mindo

Tempat makan bergaya joglo ini terletak di tengah area persawahan Desa Segoroyoso, Bantul. Pemandangan di sekitarnya sangat indah, terutama ketika padi sedang hijau-hijaunya dan saat menguning.

Menu andalan yang disajikan di Bale Mindo adalah soto sapi, bakso sapi, dan soto bakso. Selain itu juga ada aneka sate-satean, seperti sate usus, sate ati, sate telur, serta tahu bacem, mendoan, dan sempolan.

Lokasi: Desa Segoroyoso, Kecamatan Pleret, Bantul

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-22.00 WIB

5. Angkringan Puncak Bibis

instagram.com/angkringan.puncak.bibis

Angkringan Puncak Bibis menjadi salah satu tempat makan hits yang ada di wilayah Bantul. Berada di puncak bukit, angkringan ini menyediakan beragam makanan berat. Ada nasi gudangan, nasi pecel, aneka sayur, olahan ayam dan ikan, gorengan serta sate-satean.

Porsi dan menu makanan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dengan konsep prasmanan. Setelah mengambil makanan, pengunjung bisa langsung duduk di meja makan dengan pemandangan hamparan hutan Bantul yang hijau dan cantik.

Lokasi: Jalan Daniswara, Bibis, Desa Guwosari, Kecamatan Kasihan, Bantul.

Jam operasional: setiap hari Selasa-Minggu pukul 06.00-21.00 WIB.

6. Geblek Menoreh View

instagram.com/geblekmenorehview

Selain Sleman dan Bantul, di Kulon Progo juga ada banyak tempat makan yang menawarkan pemandangan sawah dan gunung yang cantik, salah satunya Geblek Menoreh View.

Geblek Menoreh View memiliki konsep alam dan angkringan. Di sini terdapat menu-menu khas angkringan, seperti sate-satean, gorengan, dan aneka minuman tradisional.

Selain makan, kamu bisa gowes di sekitar Geblek Menoreh View ini dan menyewa sepeda ataupun baju tradisional khas Yogyakarta.

Lokasi: Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-19.00.

7. Geblek Pari

              Kompas.com/Dani J

Tak jauh dari Geblek Menoreh View, ada tempat makan Geblek Pari. Menghadirkan suasana yang ‘ndeso’ dengan meja dan kursi yang terbuat dari kayu dan bambu. Di sini juga tidak ada dinding sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan sawah secara langsung.

Beragam menu ‘ndeso’ yang nikmat disajikan di sini. Uniknya, bahan pembuatan makanan dan minumannya berasal dari hasil bumi warga sekitar. Kamu bisa mencicipi sayur lodeh, lele goreng, pisang goreng, ayam goreng, dan tentunya geblek. Disini ada juga wisata jeep yang wajib kamu coba, nih.

Lokasi: Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-20.00 WIB.

Nah, itu dia rekomendasi tempat makan dengan nuansa alam di Yogyakarta ala Mas Dolan. Jangan lupa mendatangi salah satunya saat kamu sedang liburan ke Yogyakarta, ya Liners!

 

Penulis: Lamanda Nafa Alicia

Editor: Syaula Aida Rizqiyah

Baca Juga: Viral! 3 Spot Kulineran di Pasar Kranggan


 

Tags :

BERITA TERKAIT