Travel

Agrowisata Kaligua, Surga di Kaki Gunung Slamet

0
Pemandangan Kebun Teh Kaligua (Dok. Ruangdiary.com)

Brebes – Menawarkan pesona alam yang indah, agrowisata Kebun Teh Kaligua menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga setempat maupun pelancong luar kota yang ingin me-refresh pikiran dari hiruk pikuk perkotaan. Berada di kaki Gunung Slamet, kawasan Kebun Teh Kaligua ini terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dengan ketinggian 1.500 sampai 2.050 mdpl.

Berada di kaki Gunung Slamet, udara sejuk dibarengi dengan kabut lebat pun terasa kuat di agrowisata ini. Daun-daun teh yang dibasahi oleh embun pagi, semakin menambah aroma khas pegunungan. Embun pagi tidak hanya mengiringi terbitnya matahari yang muncul menembus pegunungan, namun juga mengiringi mereka para perempuan kuat yang berbaris berjalan bersama untuk memetik teh di hamparan perkebunan teh seluas ± 600 hektar.

Menengok sejarah, Kebun Teh Kaligua ini merupakan peninggalan penjajahan kolonial Belanda, yang dahulu hanya berupa hamparan perkebunan biasa, namun seiring berkembangnya zaman dan melihat potensi alam yang ada di sekitarnya, akhirnya pemerintah menjadikan kebun teh ini sebagai agrowisata.

Agrowisata Kebun Teh Kaligua tidak hanya menawarkan hamparan perkebunan semata, namun juga terdapat beberapa destinasi wisata di dalamnya, antara lain Gua Jepang dan Tuk Bening. Gua Jepang merupakan tempat yang dahulunya digunakan sebagai tempat persembunyian tentara Jepang dari kolonial Belanda, namun tak hanya itu Gua Jepang juga menjadi saksi bisu kekejian yang dilakukan oleh penjajah Jepang kepada masyarakat Indonesia khususnya daerah tersebut, selama proses pembuatannya. Di dalam Gua Jepang terdapat banyak ruang-ruang yang pernah digunakan sebagai ruang tahanan, ruang pengadilan, ruang komandan, dan ruang pembantaian. Mengingat kisah keji yang dilakukan oleh para penjajah, aura berbeda pun akan langsung dirasakan ketika masuk dan menelusuri ruang demi ruang sepanjang lorong Gua Jepang tersebut.

Agrowisata Kaligua juga terdapat Tuk Bening, yaitu sebuah mata air bersih yang dipercaya oleh para pengunjung bila meminum dan mencuci muka di air Tuk Bening tersebut akan membuat awet muda serta dijauhkan dari segala macam penyakit.

Rute yang dapat dilalui untuk menuju Kebun Teh Kaligua ini yaitu dari arah Jakarta bisa melalui jalur Tegal – Purwokerto, setelah melewati Flyover Kretek belok kanan dengan menempuh jarak sekitar 15 km.

Agrowisata Kebun Teh Kaligua ini dapat dinikmati hanya dengan tarif masuk Rp 8.000/orang. Dengan tarif yang murah, Liners bisa menikmati fasilitas berupa kereta mini untuk mengelilingi perkebunan, taman bermain serta wahana bebek air yang terdapat didalamnya, wisata ini cocok dinikmati bersama keluarga ataupun teman saat musim liburan tiba. (Mila)

Mila Lestari

Kepedasan? Sembuhkan dengan Cara Ini!

Previous article

Hunting Foto Unik di Taman Potret

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel