BBM non-Subsidi Pertamax Resmi Turun Harga

ALINEA – PT Pertamina (Persero) resmi menurunkan harga BBM Non-Subsidi yaitu Pertamax dari Rp13.900 per liter menjadi Rp12.800. Penurunan harga BBM Pertamax ini berlaku mulai Selasa (3/1) pukul 14.00 WIB.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati juga turut mengkonfirmasi penurunan harga Pertamax tersebut. Ia menambahkan, harga Pertamax Turbo dan Dexlite juga akan turun. Sementara itu, untuk harga Pertalite dan Solar masih tetap.

Wawancara Menteri BUMN Erick Thohir di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan, pada Selasa (3/1). (Sumber : Instagram/@erickthohir)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menjelaskan alasan dibalik penurunan harga BBM Pertamax yang mengalami penyesuaian pada awal tahun 2023.

Ia menjelaskan, terjadi penyesuaian harga rata-rata publikasi minyak sekaligus tren harga minyak dunia. Selain itu, sifat harga dari BBM non-subsidi sebenarnya fluktuatif. Secara berkala akan dilakukan evaluasi untuk mengikuti mekanisme, sekaligus tren pasar.

Harga Minyak Dunia Turun

Penurunan harga Pertamax ini dilakukan setelah harga minyak dunia yang saat perang Rusia dan Ukraina melesat ke atas US$100 per barel, kini turun menjadi US$79 per barel.

“Sekarang harga minyak dunia turun ke US$79. Oleh karena itu, akhir tahun kemarin kita 3 menteri; Menkeu, Menteri ESDM, dan saya memproyeksikan harga BBM yang pasar, dan bukan yang dibantu pemerintah. Salah satunya Pertamax diputuskan harga turun,” jelas Erick Thohir dikutip dari CNN Indonesia.

Revisi Secara Berkala

Harga Pertamina yang mengalami penurunan menjadi Rp12.800 per liter di awal tahun 2023 ini, Pertamina akan melakukan revisi secara berkala.

Hal tersebut dilontarkan oleh Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting ketika dikonfirmasi oleh pihak Kompas, pada Selasa (3/1/2023).

“Ini (harga BBM ke depan pada triwulan II dan III) akan direvisi secara berkala,” ujar Irto.

Ia juga menambahkan, ada beberapa indikator yang digunakan untuk melakukan penyesuaian harga BBM, yakni harga minyak dunia, publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS), termasuk kurs.

 

Penulis : Aiko Putri Tanjaya

Editor : Indah Nur Shabrina

Baca juga : PPKM Resmi Dicabut di Seluruh Indonesia


 

Tags : | | |

BERITA TERKAIT