Travel

Cageran Edu Park Manfaatkan Aliran Sungai Opak

0
Anak-anak sedang bermain di Aliran sungai Opak (dok. youtube)

Sleman – Siapa sangka, aliran sungai Opak yang tadinya dibiarkan mengalir begitu saja, kini disulap menjadi objek wisata air anak-anak oleh seorang warga Desa Cageran bernama Okky Linggarjati.

Jiwa sosial dan kreatifitasnya yang tinggi, mendorongnya untuk mengembangkan ide-ide inovasi bagi kampung halamannya agar makin dikenal oleh masyarakat luas. Objek wisata cetusaannya ini ia sebut “Cageran Edu Park” yang terletak di Desa Cageran, Kabupaten Sleman.

Anak-anak sedang bermain di Aliran sungai Opak (dok. youtube)

Tak sendirian, Okky berkreasi dibantu oleh teman-teman pemuda Desa Cageran. Berawal dari obrolan kecil, ide Okky dan kawan-kawan pun mendapat tanggapan postif dan dukungan penuh dari warga Desa Cageran.

Cageran Edu Park tercetus sejak bulan September 2018. Bermodalkan dana swadaya dari masyarakat setempat, Cageran Edu Park terus berkembang hingga sekarang.

anak-anak diberi pengamanan berupa helm dan pelampung ban (dok. Youtube)

Aliran Sungai Opak ia sulap apik dengan goresan cat warna-warni. Tak hanya indah dipandang, Cageran Edu Park juga sangat memperhatikan kenyamanan pengunjung. Hal ini dibuktikan dengan disiapkannya ban pelampung, helm, dan petugas yang siap menjaga.

Meski sudah layak pakai, Cageran Edu Park masih perlu dilakukan pengembangan. Selain itu, sangat dibutuhkan pula perhatian dan peran dari pihak-pihak terkait agar pengembangan Desa Wisata Cageran dapat sesuai seperti yang diharapkan.

Rencananya, objek wisata ini bukan hanya dapat dinikmati oleh anak-anak saja, melainkan remaja dan dewasa. Tak puas dengan wisata air, baru-baru ini Okky dan kawan-kawan merencanakan pengembangan di sektor lain yaitu Agrowisata yang dirasa bisa lebih memberikan dampak positif berupa pembelajaran cocok tanam kepada pengunjung. (Karin)

Alfi Karin

Musim Penghujan, Waspada Demam Berdarah

Previous article

HPN Selalu Sistematis, Apa kabar Jurnalis?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel