Deretan Film Perjuangan Atlet Inspiratif Indonesia

ALINEA – Olahraga merupakan salah satu bidang yang masih aktif memberikan kontribusi terhadap prestasi di Indonesia. Hampir setiap tahun atau setiap bulan, selalu ada laporan tentang performa atlet inspiratif Indonesia di berbagai ajang internasional.

Sebenarnya ini bukan perkara baru, prestasi-prestasi besar sudah banyak diraih sejak lama. Atlet inspiratif dari berbagai cabang olahraga Indonesia juga kerap menorehkan prestasi yang tak kalah membanggakan.

Perjuangan para atlet di bidang olahraga seringkali menginspirasi banyak orang. Dengan kegigihan dan kerja kerasnya, mereka membanggakan publik dengan segudang prestasi yang diraih. Hal itu mengundang banyak antusias, sampai kisah perjuangan mereka menjadi seorang atlet legendaris ternama diangkat dalam bentuk film.

Kisah inspiratif dari atlet legendaris apa saja yang sudah difilmkan dan banyak menginspirasi penonton di tanah air? Berikut empat di antaranya:

Susi Susanti – Love All

Siapa yang tidak tahu atau tidak pernah mendengar tentang Susi Susanti?. Ia adalah atlet badminton Indonesia yang pertama kali mencetak sejarah yang berhasil meraih medali emas untuk nomor tunggal putri di ajang Olimpiade Barcelona 1992.

Dalam filmnya, sosok Susi Suanti diperankan oleh aktris Laura Basuki. Film ini bercerita tentang bagaimana Susi Susanti mulai bermain badminton pada usia 14 tahun.

Salah satu yang menjadi motivasi Susi adalah janjinya kepada sang ayah, sehingga Susi berhasil menjadi juara Olimpiade dan berhasil membuktikan ketangguhan Indonesia ke mata dunia di tengah situasi dalam negeri yang juga sedang menghadapi krisis ekonomi.

Film yang rilis di tahun 2019 ini juga menyertakan sosok Alan Budikusuma yang diperankan oleh Dion Wiyoko, di mana suami dari Susi Susanti tersebut ikut mencetak sejarah peraihan medali emas untuk nomor tunggal putra di ajang dan tahun yang sama.

3 Srikandi

3 Srikandi merupakan film biopik yang diangkat dari kisah perjuangan tiga atlet Indonesia yakni Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani. Mereka bertiga adalah sosok atlet panahan Indonesia yang berhasil meraih medali pertama berupa perak di gelaran Olimpiade Seoul 1988.

Modal kegigihan kegita atlet wanita tersebut membuat mereka mendapat julukan 3 Srikandi, dan pada akhirnya menjadi judul dari film yang menceritakan kisah perjalanan dan perjuangan mereka dalam meraih prestasi.

Film ini dibintangi oleh jajaran aktris ternama tanah air yang memerankan masing-masing karakter dengan sempurna, yaitu Chelsea Islan, Tara Basro, dan Bunga Citra Lestari.

Cahaya dari Timur : Beta Maluku

Film “Cahaya dari Timur: Beta Maluku” merupakan film karya Angga Dwimas Sasongko yang mengangkat kisah nyata kehidupan Sani Tawainela, seorang tukang ojek mantan pemain sepak bola U-15 di Piala Pelajar Asia tahun 1996 yang gagal menjadi pemain profesional, ia hidup ditengah konflik agama di tahun 2000.

Film ini berdurasi 150 menit yang dibintangi oleh Chicco Jericho, Shafira Umm, Jajang C. Noer, dan Glenn Fredly dan para pemain asli orang Maluku yang di pilih melalui casting.

6,9 Detik

Satu lagi film bertema olahraga yang diangkat dari kisah nyata, yakni ‘6,9 detik’. Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang atlet panjat tebing putri asal Purwodadi bernama Aries Rahayu Susanti.

Judul yang diambil sendiri terinspirasi dari pencapaian Aries saat berhasil meraih medali emas di ajang Asian Games 2018, dan berhasil menciptakan rekor dunia baru dengan menyelesaikan panjat tebing dalam waktu singkat selama 6,9 detik.

Itulah film olahraga inspiratif yang bisa jadi tontonan kamu. Bagaimana pendapatmu mengenai film-film tersebut, Liners?

Baca juga : Nobar Film Ilegal di TikTok Live


Penulis : Lamanda Nafa Alicia

Editor : Andika Syafitri Pratami

BERITA TERKAIT