Embung Tambakboyo, Destinasi Menyegarkan Otak Murah Meriah

Pemandangan Embung Tambakboyo. (dok.Alinea/Ida Setyaningsih)

Sleman – Selama ini Yogyakarta lekat dengan slogan ‘’berhati nyaman’’ yang selalu membuat orang-orang yang tinggal maupun berkunjung betah dan selalu ingin kembali ke kota pelajar ini.

Namun, akhir-akhir ini Jogja seperti merubah wajahnya, bangunan hotel dan mall semakin memadati kota, di hari biasa kemacetan hampir ada disetiap sudut kota, harga tiket rekreasi banyak yang melonjak tinggi. Tapi Liners, di tengah kota ternyata masih ada tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi sekedar melepas penat.

Namanya Embung Tambakboyo yang berada di Dusun Tambakboyo, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Lokasi ini tak jauh dari Universitas Pembangunan Negeri Veteran Yogyakarta (UPN), kampus Ekonomi Universitas Islam Indonesia, dan Universitas AMIKOM Yogyakarta. Tak heran, jika di tempat ini sering dikunjungi para mahasiswa. Nah, berikut ini, Alinea mau kasih nih alasan mengapa Embung Tambakboyo cocok di jadikan tempat wisata untuk melepas penat :

1. Mudah di jangkau dari tengah kota

Letak Embung Tambakboyo hanya berjarak dua kilometer saja dari UPN. Jalurnya pun tak susah dijangkau, hal ini membuat Embung Tambakboyo cocok disambangi setelah kalian merasa penat dengan perkuliahan.

2. Biaya masuk gratis

Setelah menemukan lokasinya, Liners hanya perlu bayar biaya parkir yang dibanderol dengan harga  Rp.1000 untuk sepeda, Rp. 2000 untuk sepeda motor, dan Rp. 3000 untuk mobil. Sangat terjangkau bukan? Pastinya cocok dikantong mahasiswa.

Tiket masuk menuju Embung Tambakboyo. (Dok. Alinea/Ida Setyaningsih)

3. Tempat berolahraga jogging

Selain di Alun-alun Kidul dan Lembah UGM, tempat ini juga sering digunakan untuk lari pagi atau sore hari, jika di ukur, panjang jalan yang mengelilingi embung ini sampai dua kilometer. Biar tidak gampang lelah saat jogging. Liners bisa datang pagi atau sore hari sambil melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam yang pastinya indah.

Jalan di Embung Tambakboyo digunakan sebagai arena jogging. (dok. Alinea/Ida Setyaningsih)

4. Banyak pohon dan pemandangan hijau

Luas Embung Tambakboyo menampung air sekitar 400 Ribu m3 dengan luas 7,8 hektar. Sekelilingnya terdapat banyak pohon, adapun warung kopi yang berjualan disana. Pas banget buat ngopi sambil lihat mbak-mbak yang lagi ber-jogging ria disana lho!

5. Alternatif buat mancing ikan gratis

Buat Liners yang punya hobi memancing ikan, Embung Tambakboyo bisa dijadikan tempat memancing bareng teman-teman atau keluarga. Sebab, selain gratis, mancing ikan nila disini juga berukuran besar lho, beratnya ada yang sampai dua Kilogram.

Nah, itu tadi ulasan mengenai Embung Tambakboyo yang murah meriah dan bisa dijadikan tempat untuk melepas penat. Sekarang Liners mau kesana kapan dan sama siapa nih? (Ida)

Tags : |

BERITA TERKAIT