Travel

Gunung Andong, Cocok Untuk Kamu Pendaki Pemula

1
Pemandangan dari puncak Gunung Andong disaat berkabut (Dok. Alinea/ Ida Setyaningsih)

Magelang –Liners, mendaki gunung merupakan kegiatan yang menyenangkan buat mereka yang suka mendaki, bahkan nggak sedikit orang yang menjadikannya sebagai sebuah hobi dan kegiatan rutinitas mingguan sebagai suatu cara untuk mensyukuri nikmat Tuhan. Nggak hanya itu, bonusnya pun bisa memanjakan mata dengan pemandangan yang luar biasa, menjaga kekompakan tim dan sebagai alternatif mendapat dokumen foto yang nggak kalah keren. Namun banyak pula orang yang ingin mendaki tapi masih digeluti banyak ketakutan bila kedinginan, tidak kuat sampai puncak, bertemu binatang buas dan lainnya. Nah, kali ini Alinea mau kasih rekomendasi gunung yang ramah buat kamu yang pemula, yaitu Gunung Andong yang terletak di Ngablak, Magelang, Jawa Tengah. Langsung aja yuk kita simak ulasannya !

1. Lokasi menuju basecamp mudah dijangkau

Jalur menuju puncak Gunung Andong yang landai (Dok. Alinea/ Ida Setyaningsih)

Salah satu jalur menuju andong adalah via sawit, jalur ini banyak diminati karena basecamp yang beralamat di Dusun Sawit ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi baik sepeda motor atau mobil. Sebelum naik gunung, Liners yang lapar jangan khawatir, karena di basecamp ini menyediakan makanan seperti nasi rames, teh hangat dan berbagai camilan. Selain itu kamar mandi yang disediakan pun cukup bersih, dan yang nggak kalah penting kendaraan kalian akan dijaga oleh warga setempat Liners! Cukup dengan membayar Rp 5.000 rupiah saja per orang.

2. Tingginya ramah untuk pemula

Gunung Merbabu dan Merapi terlihat gagah dari puncak Gunung Andong (Dok. Alinea/ Ida Setyaningsih)

Dengan ketinggian 1.726 mdpl, Gunung Andong tepat untuk pendakian pertamamu, selain tak begitu tinggi, jalurnya juga tidak begitu ekstrem, meski begitu Liners sebaiknya tetap menggunakan peralatan yang safety ya karena di alam bebas tidak ada yang bisa menebak apa yang akan kita hadapi.

3. Pendakian tidak membutuhkan waktu yang lama

Perkebunan warga terlihat dari puncak Gunung Andong (Dok. Alinea/ Ida Setyaningsih)

Nah karena tingginya hanya 1.726 mdpl jadi cocok banget buat tektokkarena perjalanan naiknya cukup sebentar, rata-rata orang membutuhkan waktu 1,5-2,5 jam untuk sampai ke puncak. Hal ini juga bisa bikin kamu naik gunung tanpa nge-camp alias langsung turun kebawah.

4. Pemandangannya nggak kalah dengan gunung tinggi

Sunrise dikala kabut (Dok. Alinea/ Ida Setyaningsih)

Meski tidak begitu tinggi, namun pemandangan dari Gunung Andong tak kalah keren dan memesona. Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dengan megah terlihat mengitari Gunung Andong dari puncak.

5. Ada warungnya juga lho

Warung di Puncak Gunung Andong (Dok. Alinea/ Ida Setyaningsih)

Keunikan dari gunung ini, ada warung dipuncak gunung. Warung ini menyediakan berbagai minuman hangat, gorengan dan mie instan. Di warung ini Liners bisa numpang istirahat bila tak kebagian tempat untuk mendirikan tenda, karena setiap harinya Gunung Andong selalu didatangi ribuan pengunjung.

Nah itu tadi ulasan dari Alinea mengenai Gunung Andong, selamat berkenalan dengan alam dan kawan baru di puncak. Jangan lupa untuk terus menjaga alam! (Ida)

Ida Setyaningsih

Pameran Kriya Kayu dan Perkakas Pertukangan Kini Bidik Semua Kalangan

Previous article

Golden Sunrise di Negeri Atas Awan

Next article

You may also like

1 Comment

  1. Mantap lurr

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel