NewsPopular

Kurangi Limbah Tekstil dengan Tukar Baju

0
2. Natalia Indrawati selaku fashion designer dari Semilir, sedang memperlihatkan produk mereka yang dibuat dari pewarna alami.

Natalia Indrawati selaku fashion designer dari Semilir, sedang memperlihatkan produk mereka yang dibuat dari pewarna alami.

Alinea, Yogyakarta- #TukarBaju, sebuah kampanye pengurangan limbah tekstil oleh komunitas Zerowaste.id sukses dilaksanakan di Yogyakarta pada Minggu (19/5). Acara ini mengajak masyarakat untuk mulai sadar bahwa sampah tekstil semakin tak terkendali dan mengancam kehidupan bumi.


“Maraknya fesyen cepat di Indonesia juga meningkatkan minat orang-orang untuk banyak berbelanja tekstil, padahal tanpa disadari kita sedang menabung limbah yang berbahaya untuk bumi. Makanya kita ingin mengadakan acara #TukarBaju, di mana setiap orang bisa menukar baju layak pakai untuk diganti modelnya tanpa beli yang baru.” Ujar Amanda Zahra Marsono (PR and Marketing Manager Zerowaste.id) di Antologi Caffe Collaboractive Space Yogyakarta.


Acara yang dibuka pada pukul 10.00 WIB ini dibuka dengan penukaran pakaian yang telah di seleksi ketat oleh tim Zerowaste.id, pakaian yang akan ditukar tidak boleh sobek, bolong, lusuh atau bernoda. Setelah lolos kurasi, peserta boleh menukar sesuka hati pakaian mereka dengan jumlah yang sama saat dibawa masuk. Antologi Cafe Collaboractive Space yang menjadi tempat pagelaran ini, ditata semirip mungkin dengan butik oleh para tim.


Tepat pukul 14.00 WIB acara pun dilanjutkan dengan ngabuburit santai bersama empat pembicara yakni Amanda Zahra Marsono (PR and Marketing Manager Zerowaste.id), Natalia Indrawati (Fashion Designer Semilir), Briane Novianti (Founder Dluwang Art), dan Bukhi (Praktisi Gaya Hidup Sustainable). Dalam ngabuburit itu keempatnya sama-sama mengajak masyarakat untyk mulai memakai produk-produk ramah lingkungan.


Acara berlangsung hingga pukul 17.00 WIB, dengan dua sesi penukaran pakaian dan satu sesi ngabuburit santai. (Ida)

Ida Setyaningsih

Puasa? Hindari Dehidrasi dengan Melakukan 6 Cara Ini!

Previous article

5 Tips Hebat Untuk Mahasiswa Agar Puasa Tetap Kuat!

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *