Menyambangi 3 Toko Buku “Indie” di Yogyakarta

ALINEA – Meskipun harus berdiri atau jongkok yang cukup lama karena memilih buku kesukaan di setiap deretan, berkunjung ke toko buku bisa jadi seremoni yang menyenangkan.

Bukan tanpa alasan, jika ada yang bilang pengaruh sastra Jogja terhadap kesusastraan skala nasional itu kuat. Hal ini bisa dibuktikan dengan menjamurnya toko-toko buku di kota pendidikan ini.

Berikut rekomendasi toko buku “indie”, yang bisa Liners sembari mengitari kota Yogyakarta.

1. Boekoe Theotraphi

Theotraphi kependekan dari Teologi, Sastra, dan Filosofi. Seperti namanya toko buku ini menyediakan beragam genre buku baik fiksi atau non fiksi. Toko ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2015, namun untuk bangunan “offline”-nya berdiri pada tahun 2019.

Di teras toko ada perpustakaan kecil yang bisa Liners baca buku-bukunya sembari menikmati minuman. Sebab dalam satu bangunan terdapat juga kedai kopi bernama Observasi Kopi. Baik kopi atau non kopi, dibanderol dengan kisaran harga 15 ribu – 20 ribu.

Kabar baiknya, toko buku ini sering mengadakan diskon dan setiap pembelian buku selalu diberikan bonus pembatas buku. Liners dapat menemukan toko ini di antara gang dekat Stadion Mandala Krida. Tepatnya di Jl. Gendeng Cantel No. 324 Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta.

Ngopi, berinteraksi, dan berliterasi di Theotraphi.

2. Berdikari Book (Rumah Berdikari)

Jauh dari keramaian serta kesejukkan lewat rindangnya pohon membuat Berdikari Book bisa menjadi salah satu tempat tujuan untuk membaca. Selain menjual buku, Berdikari juga menyediakan perpustakaan yang di dalamnya ada mesin tik sampai dengan bean bag yang nyaman.

Toko buku ini juga menyediakan minuman kopi dan non-kopi serta cookies di kedai yang bernama Beranda Berdikari. Kisaran harga mulai dari 15 ribu sampai dengan 25 ribu.

Jika Liners membeli buku dengan total 100 ribu, Liners akan mendapatkan totebag dari Berdikari. Spesial di tahun ini, setiap pembelian buku secara offline akan mendapatkan Kalender 2021 (Spesial HAM).

Lokasinya dekat dengan Stadion Maguwoharjo, tepatnya di Jl. Elang Jawa No.29, Karangsari, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DIY.

3. Buku Akik

Jika Liners sedang ingin jauh dari hiruk-pikuk kota, Buku Akik bisa jadi solusi. Lokasinya yang terlalu di dalam, cocok bagi Liners yang senang dengan ketidakramaian atau kesunyian.

Sama seperti dua toko yang sudah disebutkan di atas, Buku Akik juga menyediakan perpustakaan untuk pengunjung bisa membaca. Toko buku ini juga memiliki beberapa koleksi mesin tik.

Setelah membeli buku, Liners dapat membawa pulang sticker dari toko ini. Selain itu, Buku Akik akan memberikan 1 buah buku gratis pilihan jika Liners membeli 2 buku.

Toko ini dapat dijumpai di Jl. Kaliurang, Gg. Besi Raja No.Km 12.5, Candi Karang, Sardonoharjo, Ngaglik, Kab. Sleman, DIY.

Survei dari The Digital Reader menunjukkan minat baca di Indonesia meningkat di saat pandemi, apakah Liners termasuk? Semoga rekomendasi tempat di atas membantu, ya!

(Ricky Setianwar)

Tags : | |

BERITA TERKAIT