Lifestyle

Mirip Coronavirus, Inilah Daftar Film Tentang Virus Mematikan

0
(dok. willyfandri.wordpress.com)

ALINEA – Virus Corona yang berkembang dari Kota Wuhan, China, mulai menjadi pembicaraan hangat oleh seluruh warga dunia. Topik virus yang membuat kota Wuhan terisolasi ini tersebar secara cepat di internet, salah satunya menjadi perbincangan di Twitter.

Topik ini menjadi trending sejak hari Sabtu lalu (25/01). Banyak yang berbincang tentang virus corona, sampai membicarakan film-film yang mirip dengan fenomena virus di China ini.

Berikut adalah beberapa film yang menceritakan tentang virus dan wabah penyakit mematikan :

  1. Deranged (2012)
(Dok. Twitter.com)
(Doc. asianwiki.com)

Film Deranged tayang pada pertangahan tahun 2012, menceritakan tentang warga yang terjangkit virus dari cacing-cacing di sungai. Hal ini disebabkan karena pada saat musim panas, banyak warga yang menghabiskan waktu bermain di sungai atau di pantai untuk menyegarkan diri. Padahal, cacing yang menjangkit virus ini berkembang di perairan, khusunya di sungai.

Jaehyuk, seorang kepala keluarga yang bekerja di sebuah perusahaan obat, mendapati anak dan istrinya terjangkit virus ini. Ia mulai menjaga istri dan kedua anaknya dengan memberikan pasokan air yang cukup untuk diminum dan menjaga mereka agar tidak berendam di kubangan air. Perusahaannya juga tengah berusaha meracik obat untuk menyembuhkan penyakit mematikan ini.

Orang-orang yang sudah terjangkit virus dari cacing ini akan merasakan dehidrasi yang sangat menyiksa, sehingga berubah perlahan menjadi seperti zombie dan berbondong-bondong mencari air untuk diminum.

Selama 2 jam, penonton akan merasakan suasana tegang ketika menikmati film thriller ini. Apakah Liners tertarik untuk menontonnya?

2. Virus (2019)

(doc. filmapik.fun)

Film asal India yang tayang pada tahun 2019 ini bercerita tentang kisah nyata di India. Dimana pada saat itu India diserang virus mematikan bernama Nipah.

Film ini diawali dari kisah perawat Akhila yang merawat Zachariah, pemuda yang dirawat di rumah sakit karena demam, muntah, dan sakit kepala. Hingga pada akhirnya, seorang perawat bernama Lini Puthusserry berusia 32 tahun meninggal ketika merawat korban pertama virus Nipah.

Setelah itu, kasus yang diidentifikasi virus Nipah mulai merebak lebih banyak di tempat yang berdekatan dan korban tewas pun semakin meningkat.

Profesional medis mengkonfirmasi virus mematikan bernama Nipah ini menyebar di seluruh distrik. Hal ini menjadi situasi darurat dan menyebabkan praktisi medis dan profesional kesehatan berkemah di Kozhikode Medical College untuk mengatasi krisis.

3. The Crazies (2010)

(doc. sinopsisfilmhorror90.blogspot.com)

Film ini menceritakan sebuah kota kecil yang digegerkan oleh terbunuhnya seorang petani yang mengamuk karena ditembak oleh David, seorang sherif di wilayah tersebut. Kejadian tersebut kemudian terulang lagi pada petani lain, seolah seperti penyakit yang menular.

Sherif kemudian menemukan mayat lain di rawa dan yakin bahwa apa yang terjadi selama ini bermula dari penyakit yang terbawa air karena jatuhnya pesawat militer.

Suasana semakin tidak terkontrol saat semua warga ditangkap untuk di karantina. Keributan semakin berlanjut ketika ternyata semua orang sudah terjangkit virus kemudian menjadi agresif dan berkeinginan untuk membunuh.

4. The Flu (2013)

(doc. en.wikipedia.org)

The Flu menceritakan sebuah virus yang menyebabkan flu parah di daerah Bundang, Korea Selatan. Virus yang awalnya menjangkit beberapa orang, dalam waktu yang singkat bisa menjangkit dan menulari orang lain. Semua orang yang terjangkiti flu parah dari virus tersebut mulai dikarantina dan diracikkan obat oleh para dokter yang menangani kasus tersebut.

Namun, semakin lama para penjangkit virus tersebut mengetahui bahwa mereka tidak akan diobati dan akan dimusnahkan. Kemudian mereka melakukan perlawanan dan membuat kekacauan.

Dalam film ini juga menceritakan perdebatan antara pemerintah Korea Selatan dan Amerika Serikat dalam menangani kasus virus tersebut. Pemerintah Amerika Serikat meminta agar seluruh warga Bundang di musnahkan, sementara pemerintah Korea Selatan bersikukuh untuk tetap menyelamatkan warga Bundang.

5. Contagion (2011)

(dok. id.wikipedia.org)

Terakhir, film berjudul Contagion yang tayang pada tahun 2011 ini mendapat sorotan dari masyarakat karena dinilai sangat mirip dengan keadaan di Wuhan, China sekarang ini. Film ini menceritakan tentang virus mematikan di Amerika, Inggris, dan Jepang. Virus dapat ini menular dengan mudah, yaitu dengan kontak langsung dengan pengidap dan bersentuhan dengan barang yang sudah disentuh oleh pengidap sebelumnya.

Virus ini berasal dari hewan, yaitu babi dan kelelawar. Saking mematikannya, virus ini dapat membunuh pengidapnya hanya dalam waktu kurang lebih 8 jam. Mulai dari para dokter, ahli virus, dan peneliti saling bahu membahu untuk menciptakan vaksin penyembuh virus tersebut.

Nah, kelima film diatas adalah film yang menceritakan tentang virus dan wabah penyakit yang mematikan. Apa Liners tertarik untuk menonton film-film tersebut?

Printa Suriyanto

Sony Bekali ‘Fitur Rahasia’ Di PS5 Yang Belum Diungkap

Previous article

Ada Acara di Luar, tapi Hujan? Ini yang Harus Dilakukan!

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login/Sign up