7 Pekerjaan Freelancer Ini Cocok Untuk Mahasiswa

Man working on computer. Young it worker using laptop in the office, Internet marketing, technology, finance, business concept

ALINEA – Pekerjaan freelancer adalah salah satu pekerjaan yang bisa Liners lakukan untuk menambah penghasilan sebagai seorang mahasiswa.

Kominfo menyatakan pekerjaan freelancer di Indonesia sedang berkembang. Hal ini didukung oleh data Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2020  bahwa jumlah freelancer di Indonesia adalah sebanyak 33,34 juta.

Banyak orang memilih bekerja sebagai freelancer karena jam kerja yang tidak mengikat atau untuk mengisi waktu luang. Contohnya adalah mahasiswa semester akhir yang ingin mengisi waktu luang atau mencari-cari pengalaman di dunia kerja sambil menyelesaikan skripsinya.

Berikut beberapa pekerjaan freelancer dengan penghasilan lumayan tinggi yang bisa jadi pilihan kamu sobat Liners!

1. Web Developer

Pekerjaan freelancer ini bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan dan memodifikasi situs web. Pekerjaan ini memiliki bayaran yang cukup menggiurkan. Dalam satu project bisa mendapatkan sebesar Rp6.000.000-Rp17.000.000.

2. Desainer Grafis

Pekerjaan ini bertugas sebagai komunikator visual yang dapat menciptakan konsep visual secara manual maupun menggunakan sebuah software komputer dalam membuat visualnya. Contohnya berupa iklan, laporan visual, dan majalah. Gaji rata-rata freelance desain grafis sekitar Rp3.000.000-Rp.5.000.000 perbulan.

3. Videographer dan Editor

Sumber : Freepik

Videografer dan editor freelance bertugas memproduksi dan menyunting sebuah video. Biasanya pekerjaan ini dibayar per proyek yang dikerjakan. Pada umumnya, gaji freelance videographer pada rentang Rp1.000.000-Rp5.000.000 untuk setiap proyeknya.

4. Content Writer

Penulis konten atau content writer merupakan pekerjaan freelancer yang paling banyak diminati oleh anak muda saat ini. Seiring dengan kemajuan teknologi, sekarang ini banyak media yang menyediakan platform digital untuk berbagi informasi, berita, foto, video serta sarana komunikasi dan interaksi satu sama lain. Gaji seorang penulis freelance sekitar Rp1.000.000-Rp4.000.000 per bulan.

5. Sosial Media Spesialis

Spesialis media sosial membuat dan mempublikasikan konten untuk klien mereka di seluruh platform media sosial seperti Facebook, Instagram, hingga TikTok untuk membangun kehadiran online dan pengikut merek.  Gaji pekerjaan ini kisaran Rp2.000.000-Rp6.000.000 rupiah per bulan.

6. Voice Over

Saat ini banyak instansi atau perusahaan yang membutuhkan jasa voice over untuk iklan, film kartun, atau anime, dan sebagainya. Nah, gaji pekerja freelancer di bidang voice over ini sangat beragam, tergantung dari tingkat kesulitan proyek yang dikerjakan serta agensi yang mempekerjakan.

7. Influencer

Sumber : Freepik

Influencer juga termasuk bidang pekerjaan freelance. Bidang pekerjaan freelancer ini cocok buat kamu yang aktif di media sosial dan memiliki banyak pengikut.  Penghasilan yang diperoleh berasal dari endorse, menjadi brand ambassador, pembicara, dan juga bisnis yang dijalankan sendiri.

 

Penulis : Indah Nur Shabrina

Baca juga : Harum! Parfum Rempah Aroma Mewah 


 

Tags : |

BERITA TERKAIT