LifestyleReview

Ragam Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

0
Sumber: ibun_motret


ALINEA – Indonesia memang sudah dikenal dengan ragam kuliner yang khas. Ternyata tak hanya rasanya saja yang beragam, namun nama nyeleneh pun menjadi karakter yang unik untuk makanan di Indonesia, seperti berikut ini:

Ketela Bajingan

kuliner nyeleneh #1: bajingan
Sumber foto : Instagram @ibun_motret


Kata “bajingan” memang terkesan kasar, namun jika Liners menemukan ketela bajingan, maka yang didapati adalah panganan manis dari potongan singkong rebus yang disiram kuah gula merah dan santan kental. Makanan ini berasal dari Temanggung, Jawa Tengah. Konon diberi nama Ketela Bajingan karena terlihat mirip seperti Bajing rebus.

Nasi Kentut

kuliner nyeleneh #2: nasi kentut
Sumber foto : Instagram @eviwanq


Nama makanan nyeleneh lain berasal dari Medan. Nasi kentut juga dimasak dengan daun kentut (paederia scandens). Di Jawa, daun tersebut lebih dikenal dengan daun kesembukan. Beberapa menyebutnya daun kentut karena berbau tak sedap seperti kentut manusia. Namun, jangan salah dan jijik terlebih dahulu ya Liners. Daun ini jika sudah dimasak dengan nasi akan terasa lezat loh! Nasi kentut biasa disajikan dengan pepes atau ayam goreng. Selain itu juga berkhasiat untuk mengatasi perut kembung, sariawan, hingga radang telinga.

Sate Kere

makanan nyeleneh #3: sate kere
Sumber foto : Instagram @gemarkulineran


Kere dalam Bahasa Jawa berarti melarat atau miskin; hal ini karena sate ini tak terbuat dari bahan daging sapi seperti sate pada umumnya, melainkan berbahan dasar dari tempe gembus atau ampas tahu, dengan tetap dilengkapi dengan bumbu rempah-rempah sate. Cocok untuk dijadikan kudapan yang nikmat dan ekonomis.

Kerupuk Melarat

makanan nyeleneh #4: kerupuk melarat
Sumber foto : Instagram @the.lucky.belly


Selain Sate Kere, ada juga Kerupuk Melarat. Cemilan ini berasal dari Cirebon. Kerupuk ini digoreng tak menggunakan minyak, namun menggunakan pasir sehiungga dijuluki Kerupuk Melarat. Kerupuk Melarat cocok dicocol dengan sambal asam di siang hari.

Baca juga: Tertarik Menjadi Barista Paruh Waktu? Pahami Hal Dasar Ini!

Kue Dollar

Sumber foto : Instagram @kuwehdollar

Jika ada nama makanan yang bermakna miskin, kali ini ada pula nama makanan yang terkesan kaya karena memiliki nama yang sama dengan mata uang. Kue Dollar adalah cemilan kue kering yang terbuat dari adonan tepung beras, kacang tanah, telur, dan gula palem. Kue khas Surabaya ini berbentuk pipih menyerupai uang koin sehungga dinamakan Kue Dollar.

Kuliner nyeleneh mana yang paling Liners suka? Ayo, cicipi juga kuliner nyeleneh lainnya yang belum Liners coba!

(Ida Setyaningsih)

Ida Setyaningsih

Rahasia Orang Jepang dalam Mengusir Rasa Malas

Previous article

Vinales Minta Maaf Atas Insiden MotoGP Styria 2020

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle