·

Top 5 Profesi yang Dibutuhkan di Metaverse

ALINEA – Beberapa waktu yang lalu perusahaan Facebook melakukan rebranding menjadi Meta. Menurut konsultan teknologi, Gartner, di tahun 2026 sebanyak 25% orang akan menghabiskan setidaknya satu jam sehari di metaverse untuk bekerja, berbelanja, pendidikan, sosial  dan hiburan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari, terutama jenis pekerjaan yang akan dibutuhkan oleh metaverse.

Berikut adalah lima jenis pekerjaan dalam dunia metaverse.

1. Cyber Security

Sama halnya seperti ancaman keamanan internet, meteverse akan mengalami berbagai ancaman dan sangat rentan terhadap kebocoran data, serangan siber, dan pencurian data.

Untuk memastikan metaverse adalah ruang aman, tingkat keamanan baru akan dibutuhkan. Profesi ini akan membutuhkan seseorang yang memiliki latar belakang pemrograman dan keamanan siber.

2. Software Engineer

Secara umum pekerjaan ini mendalami cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Dalam metaverse peran ini melibatkan bekerja dengan teknologi canggih untuk menciptakan pengalaman interaktif di berbagai platform. Oleh karena itu, latar belakang pemrograman diperlukan.

3. Hardware Engineer

Untuk pengalaman AR/VR tertentu, perangkat keras akan diperlukan. Ini berarti  permintaan untuk hardware engineer akan meningkat. Peran ini bertanggung jawab atas pengembangan kamera, sensor, headset, dan wearable.

Baca juga : Metaverse: Fiksi yang Menjelma Non-Fiksi

4. Storyteller

Profesi ini bertanggung jawab untuk merancang pencarian mendalam, merencanakan skenario bagi pengguna, untuk menjelajahi metaverse. Misalnya, skenario pelatihan keterampilan kerja, strategi pemasaran yang dikemas dalam bentuk narasi, ataupun skenario menjelajahi metaverse tersebut secara garis besar.

5. Fashion Designer VR

Dalam dunia metaverse, terdapat avatar-avatar yang digunakan mewakili pengguna. Disinilah penata gaya akan bertindak untuk mengembangkan pakaian dan aksesioris dan memastikan avatar orang terlihat stylish.

Bagaimana nih sobat Liners, apakah kamu tertarik dengan profesi di metaverse ?

Penulis : Indah Nur Shabrina

Baca juga : 3 Profesi Data di Era Digital dengan Prospek Cemerlang!


 

Tags : | | |

BERITA TERKAIT