GaleriLifeLifestyleStyle

WARNA RUMAH YANG MEMBERI ENERGI POSITIF

0

Berdasar press release yang dibagikan AkzoNobel, sejumlah penelitian membuktikan bahwa warna dapat mempengaruhi segi emosi dan juga tindakan kita, selain juga sudut pandang kita terhadap sebuah ruangan (Jalil et al, 2012). Ruangan dengan warna yang tepat dapat meningkatkan nuansa yang lebih akrab, membuat aktifitas di dalamnya lebih bersemangat, serta dapat juga meningkatkan selera bersantap. Dalam rangka menyambut rasa kemenangan di momen Idul Fitri, berikut beberapa warna yang dapat memberikan energi positif tersebut:

Hijau yang Segar untuk Ruang Keluarga

sumber foto :
www.akzonobel.com.

Ruang keluarga adalah tempat Anda sekeluarga bercengkrama dan bergembira. Warna hijau membuat yang melihatnya seperti berada di alam bebas, rerumputan, serta pepohonan (Hemphill, 1996). Warna hijau mengingatkan kita akan suasana luar ruangan, hutan, dan segarnya musim semi. Selain itu warna hijau juga dapat membangkitkan rasa kenyamanan dan ketenangan, sehingga membuat yang memandangnya merasa bahagia. Habiskan waktu Anda di bulan Ramadan ini dengan balutan warna hijau di ruang keluarga, niscaya Anda sekeluarga akan merasa senang.

Semburat Biru di Dapur Anda

sumber foto :
\ww.akzonobel.com.

Nuansa warna yang teduh sangatlah cocok untuk lingkungan yang kondusif dalam menghasilkan berbagai ide yang segar, ataupun hanya untuk bercakap-cakap ringan. Beberapa penelitian membuktikan bahwa warna-warna yang teduh seperti warna biru dapat memproyeksikan suasana yang menenangkan, bahkan keheningan (Kaya & Epps, 2004). Secara umum, warna biru dapat diasosiasikan dengan keadaan yang tenang dan damai. Aplikasi warna biru di area dapur Anda dapat memberikan nuansa yang tenang namun hangat ketika seluruh anggota keluarga berkumpul pada saat makan sahur atau berbuka puasa.

Riang dengan Warna Kuning

sumber foto :
www.akzonobel.com.

Di beberapa area atau sudut ruangan yang ditujukan untuk tempat berkumpulnya keluarga, seperti ruang keluarga dan teras, warna – warna yang lebih hangat dapat memberikan nuansa yang lebih mengundang seseorang untuk melakukan interaksi antara satu dengan yang lain. Riset telah membuktikan bahwa warna-warna seperti merah, kuning, dan jingga akan membangkitkan rasa kebahagiaan, optimisme, serta sekaligus meningkatkan energi untuk melakukan kegiatan bersosialisasi (Cerrato, 2012). Secara budaya, warna kuning sering diasosiasikan dengan keceriaan. Warna ini secara ilmiah juga terbukti meningkatkan hormon serotonin, yaitu sebuah hormon yang berfungsi untuk menghasilkan perasaan bahagia.

Ida Setyaningsih

Jangan Sampai Psikosomatik Meski Harus #DiRumahAja

Previous article

Kuliah Gratis di Stanford, Harvard, dan Oxford?

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login/Sign up