Travel

Wisata Religi Ke Masjid di Yogyakarta Saat Bulan Ramadhan

0

Alinea – Saat bulan puasa Ramadhan sebaiknya jangan hanya berdiam diri di rumah atau di kos saja sampai menjelang datangnya Adzan Maghrib. Banyak sekali waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk melakukaan aktivitas yang positif terutama memperbanyak amalan.

Nah! berwisata religi di bulan Ramadhan bisa jadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu luangmu yang bisa bermanfaat. Alinea punya rekomendasi nih, masjid – masjid di Yogyakarta yang bisa menjadi rujukanmu sebagai tempat berwisata religi.

  • Masjid Gedhe Kauman
Masjid Gedhe Kauman (Sumber : visitingjogja.com)

Masjid Gedhe Kauman terletak di Jl. Kauman Alun-alun Keraton Yogyakarta. Masjid ini dibangun di atas tanah milik Keraton Yogyakarta. Masjid ini penuh sarat akan nilai religi dan nilai historis yang tinggi karena Masjid Gedhe Kauman adalah satu-satunya masjid raya di Indonesia yang berumur lebih 200 tahun dan  menyimpan begitu banyak potensi sejarah di dalamnya. Di sini, kamu bisa melihat kemegahan bangunan masjid yang didirikan pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana I.

Tak cuma itu, setiap sore selama Ramadan, masjid ini juga mengadakan kajian khusus Ramadan yang disambung dengan buka puasa bersama. Menariknya, masjid ini selalu menjadi buruan para pencari takjil.

Masjid Syuhada

Masjid Syuhada (Sumber : lelungan.net)

Masjid Syuhada berada di Jl. Dewa Nyoman Oka No. 13, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Masjid ini juga menjadi salah satu sarana penikmat wisata religi yang ada di Yogyakarta, karena disini juga banyak cerita menarik di dalamnya. Bisa dilihat dari segi bangunannya, masjid ini merupakan salah satu pionir arsitektur modern masjid di Indonesia. Pembangunannya pun dilakukan saat Indonesia masih mengalami perjuangan. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada 23 September 1950. Kubahnya pun didapat melalui sumbangan dari Presiden pertama RI yaitu Ir. Soekarno.

Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan (Sumber : masjidjogokariyan.com)

Masjid Jogokariyan adalah salah satu dari banyaknya masjid terkenal yang ada di Yogyakarta. Dibangun pada tahun 1966, masjid ini terletak di Jl. Jogokaryan No.36, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Keberadaan dari masjid ini sangat bersejarah sehingga layak untuk dikunjungi wisatawan. Tidak hanya keberadaannya saja, akan tetapi masyarakat yang dibina oleh masjid juga menjadi sebuah ciri khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Saat bulan Ramadhan tiba, masjid ini selalu membagikan menu berbuka yang jumlahnya bisa sampai ribuan. Menu berbuka puasa ini didapatkan dari kas masjid. Tidak heran jika masjid ini sangat dikenal oleh banyak orang.

Nah, demikian Liners masjid-masjid yang mengandung sarat akan wisata religi di Yogyakarta. Tidak hanya masjid ini saja tetapi masih banyak lagi masjid yang bisa digunakan untuk memperbanyak dan mencari pengamalan di bulan Ramadhan tahun ini.

Kurnia Huda

Masjid Jogokariyan, Masjid Istimewa Yang Mendunia

Previous article

Menang Tipis 1-0 City Selangkah Lagi Juara Liga

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel