Travel

Masjid Jogokariyan, Masjid Istimewa Yang Mendunia

0
Masjid Jogokariyan (Source : niagawisata.com)

Yogyakarta – Jogja memiliki pesona yang tak pernah lekang oleh waktu. Jogja memang begitu istimewa dan menyimpan daya tarik tersendiri. Mulai dari budaya Jawa yang masih kental, keramahan, kuliner khas, serta berbagai lokasi wisata yang tak cukup disambangi dalam waktu sehari.

Yang terbaru ialah, salah satu masjid yang menjadi perbincangan banyak publik, bahkan hingga mancanegara. Yaitu Masjid Jogokariyan.

Masjid Jogokariyan dibangun pada tahun 1966 dan mulai digunakan pada 1967. Nama masjid diambil dari nama kampung di mana masjid itu berdiri, Kampung Jogokariyan. Tepatnya ada di Jalan Jogokariyan 36, Kelurahan Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta

Pada bulan Ramadhan seperti saat ini, Masjid Jogokariyan juga menawarkan keunikan tersendiri diantara masjid-masjid pada umumnya, salah satu yang terkenal adalah membagikan ratusan hingga ribuan takjil dan menu buka puasa secara cuma-cuma.

Masjid Jogokariyan juga terkenal dengan jamaah salat subuh yang hampir menyamai salat Jum’at pada umumnya. Hal tersebut dapat terjadi karena manajemen dari masjid yang menerapkan undangan seperti nikahan untuk warga setempat dengan menyertakan hadist-hadist yang bertujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya salat lima waktu bagi seorang muslim. (Hamzah)

Hamzah Abdullah

Hampir Musnah, Tradisi Unik Menyambut Bulan Cantik!

Previous article

Wisata Religi Ke Masjid di Yogyakarta Saat Bulan Ramadhan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel