Yuk Mengenal Segudang Manfaat Chia Seed!

chia seed
Chia seed dengan segudang manfaatnya. | Sumber: health.kompas.com

ALINEA – Si biji-bijian kecil ini berasal dari jenis tanaman Salvia hispanica L. Tanaman ini banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Di Indonesia, chia seed mudah ditemukan dan menjadi makanan organik favorit loh, Liners. Kandungan gizi yang dihasilkan sangat kaya akan manfaat, yakni karbohidrat, protein, air, serat, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, serta sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin A dan B, kalsium, mangan, fosfor, selenium, kalium, zinc, zat besi, magnesium, dan tembaga. Chia seed juga mengandung sejumlah antioksidan kuat, seperti asam klorogenik, asam caffeicquercetin, dan kaempferol

Manfaat chia seed

chia seed
Photo by Bruno Scramgnon from Pexels

Kandungan tersebut, membuat chia seed memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, apabila dikonsumsi secara rutin. Biji-bijian ini sendiri cukup populer sebagai makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi yang tengah melakukan program diet. Selain itu, masih ada banyak manfaat lainnya bagi tubuh, di antaranya:

  • Menurunkan berat badan

Karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, mengonsumsinya dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Walau bisa membantu menurunkan berat badan, mengonsumsinya harus tetap diikuti dengan pola makan teratur dan olahraga yang cukup ya, Liners.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan serat, protein, antioksidan, dan lemak baik yang dimiliki biji-bijian ini dapat memelihara kesehatan jantung dengan melindungi jantung dari pengerasan pembuluh darah.

  • Meningkatkan metabolisme

Vitamin B, seng, zat besi, dan magnesium yang terkandung di dalamnya dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, juga untuk meningkatkan energi. Sehingga, baik untuk dikonsumsi sebelum beraktifitas berat.

  • Mencegah sembelit

Mengandung serat yang cukup tinggi, chia seed juga bisa mencegah sembelit, dan juga memperbaiki sistem pencernaan.

  • Mampu mencegah diabetes

Biji ini juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki tekanan darah pada penderita diabetes. Ini karena adanya asam lemak omega-3 yang bisa mengobati diabetes.

Baca juga: 4 Manfaat Hyaluronic Acid yang Harus Kamu Tahu!

Nah, bagaimana, Liners? Sudah mulai tertarik untuk mengonsumsi chia seed? Cara mengonsumsinya bisa diminum langsung dengan air, atau menjadi campuran makanan, seperti oats, dessert, smoothie, atau yogurt. Liners bisa dengan mudah membelinya di toko online, dan harganya pun ramah di kantong. Jadi, bagi Liners yang tertarik mengkonsumsi chia seed, tidak ada alasan untuk menunda-nunda lagi ya!

(Rahma Fauziah)

Tags : | | | |

BERITA TERKAIT