4 Manfaat Hyaluronic Acid yang Harus Kamu Tahu!

Source : Andrea Piacquadio on Pexels

ALINEA – Hyaluronic Acid atau Asam Hyaluronic merupakan bahan yang bersifat lengket dan bening. Secara alamiah pun sudah diproduksi oleh tubuh kita. Senyawa ini berfungsi untuk mengikat kadar air dalam tubuh agar tidak mudah menguap. Sehingga, tubuh akan menjadi terhidrasi dengan baik dan menjadi lembap.

Senyawa ini biasa disebut dengan HA yang sering terdapat dalam kandungan skincare. Dalam hal ini, tubuh akan selalu memproduksi Hyaluronic Acid. Namun, semakin bertambah usia kita, produksinya akan semakin berkurang. Maka dari itu, penggunaan senyawa ini banyak ditemukan dalam produk skincare.

Manfaat Hyaluronic Acid:

1. Membantu Mengurangi Tanda Penuaan

Hyaluronic Acid mata
(Source : Shiny Diamond on Pexels)

Semakin bertambahnya usai kita, maka akan bertambah juga kerutan-kerutan ataupun garis halus pada wajah. Selain menggunakan collagen sebagai agen yang membantu mencegah penuaan, ternyata Hyaluronic Acid ini juga dapat membantu mencegah penuaan pada kulit.

Hal ini dikarenakan, senyawa Hyaluronic Acid akan mengunci diri pada ruang antar sel sehingga kulit terasa kenyal dan lebih kencang.

2. Melembapkan Kulit Wajah

Hyaluronic Acid wajah
Source : RF._.studio on Pexels

Kemampuannya dalam mengikat kadar air inilah yang dapat membuat kulit menjadi terhidrasi. Biasanya, kandungan ini ditemukan pada produk toner yang ada di rangkaian skincare. Cara mengaplikasikannya pun beragam, dapat langsung menuangkan produk yang mengandung HA ke tangan atau dapat menggunakan kapas lalu digosok secara perlahan ke kulit wajah.

Hyaluronic Acid ini bagus digunakan bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat dan kering karena kandungan HA bersifat ringan dan mudah menyerap pada kulit.

3. Membantu Menyamarkan Bekas Jerawat

(Source : Andrea Piacquadio on Pexels)

Menurut studi kasus dari Department of Dermatology, Alkindy Teaching Hospital, beberapa orang yang memiliki bekas jerawat menunjukkan perubahan setelah menggunakan Hyaluronic Acid secara rutin, yakni mulai tersamarkannya bekas-bekas jerawat, mulai dari yang kemerahan maupun yang menghitam.

4. Mempercepat Terjadinya Regenerasi Kulit

Source : Pixabay

Sel kulit beregenerasi setiap 28 hari. Fungsi lain dari Hyaluronic Acid di sini adalah untuk mempercepat regenerasi kulit. Apabila digunakan secara rutin, maka progres akan lebih cepat terlihat. Selain itu, HA juga berfungsi untuk membuat tahapan skincare selanjutnya dapat berfungsi dengan lebih maksimal.

Baca juga: Setiap Orang Dapat Mengidap TBC. Kamu Salah Satunya?

Yang Perlu Diingat Saat Menggunakan Produk Ini

Manfaat-manfaat tadi dapat Liners rasakan apabila menggunakan HA sesuai dengan kondisi kulit. Sebelum membeli produk yang mengandung HA, pastikan terlebih dulu masalah kulit apa yang ingin Liners tangani.

Penggunaannya cenderung aman dan dapat digunakan berbarengan dengan kandungan lain. Misalnya, produk yang mengandung HA digunakan secara berbarengan dengan produk yang mengandung Niacinamide.

Perlu diingat pula, kandungan ini tergantung pada kulit masing-masing. Apabila merasa iritasi atau mungkin timbul jerawat saat menggunakan produk dengan kandungan HA, Liners harus berhenti menggunakan produk ini, karena produk ini belum tentu cocok ke semua kulit.

Jadi, apakah Liners sudah memiliki produk dengan kandungan Hyaluronic Acid?

Tags : |

BERITA TERKAIT

2 Responses

  1. Wardah memang sudah malang melintang di dunia kosmetik dan skin care selama belasan tahun. Namun, bukan berarti produknya sangat old dan tidak up-to-date. Setiap saat, Wardah selalu melakukan inovasi. Terbukti kini Wardah telah menelurkan berbagai rangkaian kecantikan, seperti produk terbarunya, Wardah Everyday Cheek Lip Tint – pewarna bibir yang juga bisa diaplikasikan ke pipi sebagai ‘blush’ cair. Warna-warni Wardah sangatlah Indonesia, dan hal ini bisa dilihat dari setiap produk yang dikeluarkannya. Sebagai penggemar Wardah, kamu harus tahu lebih dalam soal brand lokal ini, misalnya apa saja produknya dan seperti apa keunggulan yang ditawarkan oleh masing-masing produk, terutama produk kosmetik dari Wardah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *