Travel

5 Menara di Kota Lumpia

0

Semarang – Liners masih ingat dengan novel Negri 5 Menara karya Ahmad Fuadi yang telah di filmkan? Ya, novel itu mengisahkan tentang 6 santri dari 6 daerah berbeda yang menuntut ilmu di Pondok Madani dan berhasil mewujudkan mimpi menggapai jendela dunia di 5 negara berbeda. Begitu hal nya dengan Kota Semarang, yang juga dikenal sebagai Kota Lumpia ini juga memiliki 5 menara yang melambangkan kelima agama yang ada di Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Khonghucu. Lima menara ini melambangkan sebuah toleransi dalam beragama yang ada di Indonesia, utamanya yang ada di Kota Lumpia Semarang.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Menara Pertama Lambang Agama Islam Masjid Agung Jawa Tengah – Sumber : Dolan Dolen

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan lambang dari agama Islam, arsitekturnya pun diambil dari perpaduan antara Roma, Jawa dan Arab. Selain disebut sebagai Masjid terbesar di Jawa Tengah, Masjid Agung ini kerap kali dianggap sebagai Masjidil Haram atau Masjid Nabawi versi Indonesia, karena di bagian depan masjid terdapat payung – payung raksasa yang dapat dibuka tutup layaknya masjid tersebut. Nuansa putih pada setiap sudut masjid menambah kesan megah, sehingga tak heran Masjid Agung ini menjadi pilihan para pasangan pengantin yang ingin melaksanakan pernikahan. Pemandangan Kota Semarang juga bisa terlihat dari puncak menara nya yang menawan.

2. Gereja Blenduk Semarang

Menara Kedua Lambang Agama Kristen Gereja Blendhuk – Sumber : Travel Today

Untuk selanjutnya adalah lambang dari agama Kristen, jika Liners menjelajahi Kota Tua di Semarang, pasti akan melihat sebuah Gereja Tua yang iconic disana, yaitu Gereja Blenduk atau GPIB Immanuel Semarang. Gereja tertua di Jawa Tengah ini memiliki arsitektur khas Belanda dengan nuansa putih yang membuatnya terkesan instagramable, sama hal nya dengan Masjid Agung, Gereja Blenduk menjadi salah satu tempat prewedding pasangan pengantin maupun orang – orang yang berkunjung kesana.

3. Pura Agung Giri Natha

Menara Ketiga Lambang Agama Hindu Pura Agung Giri Natha – Sumber : Situs Budaya

Tak perlu jauh–jauh pergi ke Pulau Dewata untuk mendapatkan suasana khidmat untuk berdoa, atau mendapatkan foto yang epic di antara pura umat Hindu. Di menara ketiga ada Pura Agung Giri Natha, yang menghadirkan suasana layaknya di Bali. Selain merupakan pura terbesar di Semarang, Pura Agung Giri Natha menjadi salah satu referensi wisata religi yang instagramable.

4. Vihara Buddhagaya Watugong

Menara Keempat Lambang Agama Budha Vihara Budhagaya – Sumber : JejakPiknik.com

Lalu ada Vihara Buddhagaya Watugong, menara keempat yang melambangkan agama Budha. Arsitekturnya yang khas tak hanya instagramable namun juga membuat orang yang berswafoto disana merasa berada di negeri tirai bambu, China. Jadi teringat film Kera Sakti ya Liners.

5. Klenteng Sam Po Kong

Menara Kelima Lambang Agama Khonghucu Klenteng Sam Po Kong – Sumber : Tribunnews.com

Dan menara kita yang terakhir, Klenteng Sam Po Kong. Jika Liners melihat atau mendengar kata “ Klenteng “ pasti sudah tidak terlalu asing, karena disanalah biasanya bagi umat yang menganut agama Khonghucu dalam melaksanakan ibadahnya. Selain menjadi tempat ibadah, klenteng ini juga menjadi tempat perayaan ketika Tahun Baru China atau Imlek datang. Warna merah nya yang khas menjadi daya tariknya tersendiri. (Balqis)

Aisyah Balqis
Instagram : asyabalnurz99

5 Warna Cat yang Membuat Moodmu Anti Pucat, Wajib Coba!

Previous article

Klasemen Premier League Pekan Ke-35 : Perebutan Posisi Empat Besar Kian Sengit

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel