HealthLifestyle

Coffee Naps, Benarkah Mampu Membuat Tubuh Lebih Semangat?

0
Ilustrasi Coffee Naps yang efektif tingkatkan semangat | dok. AskMen
Ilustrasi wanita melakukan Coffee Naps
(dok. Business Insider)

ALINEA – Siapa dari Liners yang suka ngopi? Bagi sebagian orang, meminum kopi adalah hal rutin yang harus dilakukan setiap waktu. Biasanya, orang-orang meminum kopi untuk menahan kantuk dan menambah energi saat sedang bekerja. Tapi, tahukah kalian jika Coffee Naps atau tidur siang setelah ngopi bisa lebih menambah energi dan semangat?

Seperti yang telah ditulis sebelumnya, Coffee Naps adalah tidur siang setelah meminum segelas kopi. Lalu, kenapa bisa membuat tubuh menjadi lebih semangat daripada meminum kopi atau power nap saja?

Kerja kafein pada tubuh dan otak

Kafein yang terkandung pada kopi bisa membuat tubuh dan otak lebih terjaga. Sedangkan, tidur siang yang dilakukan setelah meminum kopi dapat membantu masuknya kafein lebih cepat pada sistem otak.

Otak kita memiliki zat kimia yang bernama adenosine, yaitu zat yang bisa membuat kita mengantuk. Ketika kita tertidur, secara alami zat adenosine akan berkurang. Nah, ketika zat ini berkurang, kafein yang sebelumnya sudah dikonsumsi akan masuk secara maksimal ke dalam otak.

Langkah-langkah melakukan Coffee Naps

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum Coffee Naps adalah makan siang. Hal ini dilakukan agar saat prosesnya nanti, kita tidak terganggu karena lapar.

Setelah makan siang, mulailah membuat atau membeli kopi. Sebaiknya, konsumsi kopi dengan cepat. Karena jika Liners meminum kopi dengan santai atau terlalu pelan, tubuh dan otak akan keburu bangun’. Ini akan mengakitbatkan Coffee Naps tidak sepenuhnya berhasil.

Set alarm di ponsel sekitar 15-20 menit. Setelah itu, relakskan tubuh dan mulailah terlelap sampai alarm berbunyi. Pastikan alarm berfungsi sehingga Liners nggak akan ketiduran, ya!

Baca Juga: Lakukan Gaya Hidup Ini Untuk Mengatasi Jerawat!

Pasang alarm biar nggak ketiduran saat Coffee Naps!
(dok. Gawker)

Pilih kopi yang pas

Jika Liners ingin mencobanya, pilihlah jenis kopi yang cocok dengan takaran atau dosis yang pas. Meminum kopi dengan tambahan gula sebelum melakukan power nap akan mengurangi efektivitasnya. Maka dari itu, kopi hitam adalah pilihan yang pas ketika Liners akan mencoba Coffee Naps.

Nah, untuk dosis kafeinnya sendiri, sebagian besar ahli kesehatan mengatakan bahwa dosis yang aman dikonsumsi adalah 400mg kafein per hari. Ini setara dengan sekitar empat cangkir kopi. Ingat asupan kopi per hari ini agar tubuh Liners tetap sehat, ya!

Gimana Liners? Ingin mencoba Coffee Naps biar siangmu semakin bersemangat dan produktif?

(Printa Suriyanto)

Printa Suriyanto

Masakan Fusion Rendang ala Gordon Ramsay, Mudah Banget!

Previous article

KA Prameks Solo – Jogja Akan Berhenti Beroperasi Akhir Tahun, Digantikan KRL

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Health