0

ALINEA Howdy Liners! Sebagian besar orang pasti pernah mengalami muncul jerawat pada kulit wajah. Jerawat dapat menganggu penampilan dan gaya hidup, serta menurunkan rasa percaya diri.

Yuk, kita bahas bagaimana gaya hidup yang baik untuk menghilangkan jerawat! Berikut langkah-langkah yang bisa Liners ikuti:

1. Rutin mencuci muka dan gunakan micellar water

Sumber gambar : REPUBLIKA.co.id

Untuk menghilangkan jerawat secara alami, disarankan untuk membersihkan wajah menggunakan sabun berbahan lembut secara rutin. Biasakan untuk membersihkan wajah dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

Jangan lupa membersihkan wajah setelah menggunakan make-up dan berolahraga. Liners bisa gunakan micellar water, yaitu produk pembersih wajah yang 90% kandungannya terdiri dari air. Diformulasikan dengan molekul micellar yang mampu menangkap kotoran, produk ini mampu membersihkan wajah secara lebih cepat.

2. Oleskan toner pada wajah

Sumber Gambar : dermcollective

Setelah itu, Liners bisa mengoleskan toner pada wajah. Toner dapat membantu membersihkan kotoran dan sisa make-up yang masih menempel di wajah.

Selain itu, toner juga membantu mengembalikan pH kulit, mencegah kulit kering, dan mengurangi produksi minyak. Hal ini akan membantu mengatasi masalah kulit, termasuk masalah jerawat.

3. Oleskan pelembap ke wajah

Sumber Gambar : Early Care

Selanjutnya, jaga kelembapan kulit wajah dengan mengoleskan pelembap. Kondisi wajah yang lembap akan menghambat peningkatan produksi minyak.

Hal ini akan mencegah munculnya jerawat pada wajah. Untuk kulit berjerawat, pilih pelembap wajah berlabel noncomedogenic dan bebas minyak.

4. Cukupi kebutuhan tidurmu

Sumber Gambar : Unitec

Begadang menyebabkan peningkatan inflamasi sitokin. Peningkatan zat-zat asing dalam tubuh akan meningkatkan kecenderungan untuk menghasilkan peradangan.

Jerawat adalah salah satu bentuk peradangan yang dipicu oleh peningkatan jumlah sitokin dalam tubuh. Selain itu, kurang tidur menyebabkan resistensi insulin meningkat. Tubuh akan diforsir untuk memproduksi lebih banyak insulin. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan produksi sebum (minyak) meningkat, sehingga berpotensi untuk pembentukan jerawat.

Tidur membantu proses detoksifikasi pada tubuh dan wajah. Untuk membantu Liners cukup tidur di malam hari.

Perbedaan usia menentukan perbedaan waktu tidur yang cukup bagi setiap orang. Orang dewasa dan lansia dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam.

5. Benahi pola makan

Sumber gambar : Harvard Health Publishing

Jauhi makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan memicu produksi insulin berlebih dalam tubuh. Terlalu banyak insulin dalam tubuh akan menyebabkan perubahan metabolisme tubuh. Hal ini akan memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah ada.

Selain itu, insulin juga akan memicu produksi sebum (minyak) berlebih yang menjadi penyebab jerawat.

Jerawat membandel dapat berangsur menghilang setelah Liners mengganti pola makan dengan menu makanan yang lebih sehat. Makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi, berlemak, susu, cepat saji, serta cokelat cobalah Liners ganti dengan produk-produk lainnya. Contohnya seperti gandum utuh, kacang dan biji-bijian, serta sayur dan buah-buahan segar.

Baca juga: Lakukan 5 Lifestyle Ini Saat Pandemi Corona!

Sekarang mari kita bahas bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

Selain rutin melakukan perawatan kulit yang benar, Liners bisa mengatasi jerawat secara alami dengan bahan-bahan berikut ini:

1. Mentimun

Sumber Gambar : JawaPos.com

Mentimun dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada jerawat, serta memberikan efek dingin pada kulit wajah. Liners bisa jadikan mentimun sebagai masker wajah.

2. Es batu

Sumber Gambar : 99.co

Es mampu membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, bungkus es dengan kain bersih, lalu tempelkan pada kulit yang berjerawat selama 30 detik hingga 1 menit. Cara ini dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat.

3. Putih telur

Sumber gambar : Kompasiana.com

Putih telur tidak hanya membantu mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit. Untuk memanfaatkan putih telur sebagai masker jerawat, Liners cukup mengoleskan putih telur ke area yang berjerawat. Lalu, diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

4. Madu

Sumber gambar : SehatQ

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan masker madu. Madu dapat menjaga bakteri baik yang ada di kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Selanjutnya, cara menggunakan madu untuk jerawat yaitu ambil madu murni secukupnya. Oleskan pada wajah menggunakan jari atau kapas seperti masker. Biarkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air hangat. Ulangi proses yang sama secara teratur agar kulit menjadi bersih dan mencegah jerawat.

Selamat mencoba tips gaya hidup kali ini, Liners!

(Rani Widnadianti)

Rani Widnadianti

Siap-Siap New Normal, Tarif Tiket Kereta Api Naik

Previous article

Ajak Anak Belajar Selama #DiRumahAja dengan 4 Aplikasi Ini!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle