LifestyleUncategorized

TIPS JAGA KULIT TETAP SEHAT SAAT PUASA #DIRUMAHAJA

0
Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Puasa (Foto : Doc domigado.com)

ALINEA Howdy Liners! Di bulan puasa gini masalah kulit yang kering dan terlihat kusam sering jadi hal yang dikhawatirkan khususnya bagi para wanita. Hal tersebut dipengaruhi oleh kurang nya asupan makanan dan minuman serta jam tidur yang berubah. Namun, bukan berarti ngga ada hal yang bisa dilakukan buat antisipasinya yaa. Berikut Tips merawat kulit saat puasa meskipun #DirumahAja.

  1. Cuci Muka dan Gunakan Pelembab Secara Teratur
Cuci muka untuk bersihkan kotoran ( Foto : Doc Stylegoods)

Cuci muka bertujuan untuk membersihkan debu, kotoran, minyak dan sel-sel kulit mati yang ada di wajah. Namun, bila dilakukan terlalu sering bisa mengakibatkan kulit justru terasa kering. Jadi lakukan satu atau dua kali sehari dan jangan lupa gunakan pelembab segera agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Selain itu bisa juga gunakan masker wajah untuk mejaga kelembapan kulit 2 atau 4 kali seminggu.

2. Menjaga Cairan Dalam Tubuh

Minum air putih secara teratur ( Foto : Doc istock)

Saat berpuasa, tubuh akan kekurangan cairan dan membuat kulit jadi tidak terdehidrasi dengan baik. Oleh karena itu Liners jangan lupa untuk tetap konsumsi air secukupnya dengan rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur. Minum air yang cukup bisa meningkatkan ketebalan dan kepadatan kulit lho.

3. Konsumsi Buah saat Sahur atau Berbuka

Makan buah yang mengandung serat tinggi (Foto : Doc express.co.uk)

Buah – buahan yang mengandung serat tinggi dapat membantu pencernaan dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Kondisi kulit yang kering bisa diatasi dengan memakan buah – buahan yang mengandung serat tinggi seperti semangka yang bisa membuat kulit cerah dan kenyal, jeruk dan pisang yang bisa mencegah dan mengurangi jerawat, serta tomat yang bisa memberikan perlindungan pada kulit, dan masih banyak lagi, yang bisa jadi pilihan untuk menu buka puasa.

4. Kurangi Konsumsi Kafein

Hindari kafein saat berpuasa (Foto : Doc honestdoc.id)

Buat para pecinta kopi, kalau mau kulit yang cantik dan sehat mulai kurangi konsumsi kafein selama berpuasa yaa, sebab kafein dan soda termasuk kandungan yang menyerap mineral dari tubuh sehingga memberikan dampak negatif pada kulit yang bisa membuat kulit tampak kusam, dehidrasi kulit, hingga kulit wajah yang rentan keriput.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat dan tidur yang cukup (Foto : Doc mediakesehatan.id)

Meskipun harus bangun pagi saat sahur, momen #DirumahAja bisa jadi alesan untuk menjaga pola tidur yang baik selama bulan puasa yah liners. Tidur yang cukup tidak hanya menyehatkan untuk kulit tapi juga untuk tubuh, maka dari itu gunakan waktu dan jadwal yang cocok untuk tetap jaga pola tidur yang baik. Jangan lupa juga untuk berolaharaga ringan untuk menjaga metabolisme tubuh tetap stabil, metabolisme yang lancar akan membuat tidur lebih berkualitas.  

Shahnaz Dinda

Hari Buku Nasional : Tingkatkan Literasi dengan iPusnas

Previous article

KONSER AMAL, BUKTI KEKUATAN MUSISI DI TENGAH PANDEMI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle