3

ALINEA – Banyak orang ingin memiliki tubuh ideal. Tapi tak sedikit cara diet yang dilakukan salah dan dapat membahayakan kesehatan kita lho, Liners.

Pola makan yang sehat dan seimbang membantu setiap organ tubuh bekerja lebih efisien. Jika nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik, metabolisme tubuh akan menurun sehingga mengakibatkan lebih mudah sakit dan mengalami perubahan berat badan secara drastis.

Dikutip dari Hellosehat.com yang telah Alinea rangkum, berikut 5 tips diet yang baik untuk kesehatan :

  • Pilih Makanan yang Tepat
(dok. Hellosehat)

Jika selama ini terbiasa makan makanan berlemak, berminyak, asin, atau manis, sebaiknya mulai perlahan ganti menu makan dengan yang lebih sehat. Pemilihan jenis makanan yang tepat memegang peran penting untuk menjamin kesuksesan diet.

Pilihan makanan yang bisa mendukung rencana diet sehat ini di antaranya adalah sayur dan buah segar, daging merah dan putih tanpa lemak, ikan, kacang dan biji-bijian, susu dengan produk rendah lemak, dan makanan kaya pati resisten.

Cara diet sehat ini dapat dilakukan dengan menghindari makanan yang berlemak serta mengandung gula tinggi. Selain itu, hindari juga makanan kemasan serta gorengan karena makanan seperti itu hanya akan menggagalkan diet sehat.

  • Atur Porsi Makan
Porsi satu kali makan (dok. Pedoman Gizi Seimbang 2014)

Semua makanan tetap dibutuhkan tubuh. Nah, Liners tinggal mengatur porsinya dengan baik. Diet yang sehat bukan berarti harus memangkas porsi makan sampai seminimal mungkin. Kuncinya, harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. 

Perlu diingat, menjaga asupan kalori tetap penting agar semua fungsi tubuh bisa terus berjalan optimal. Untuk menerapkan diet sehat, ingatlah selalu bahwa harus memenuhi semua zat gizi yang diperlukan tubuh dalam satu porsi makan. Pastikan ada sumber karbohidrat (makanan pokok), lauk protein (hewani atau nabati), lemak sehat, serat, serta vitamin dan mineral dari lauk sayuran.

Jangan lupa selipkan satu mangkuk buah-buahan sebagai camilan di antara waktu makan. Yang terpenting, selalu perhatikan porsi makan. Idealnya, bagilah piring menjadi 4 bagian. Seperempat untuk daging atau sumber protein, seperempat lagi untuk karbohidrat, dan dua perempat terakhir untuk sayuran hijau dan berwarna-warni. Ingat, hindari makanan berat yang berlemak atau makanan tinggi gula ketika makan malam agar berat badan tetap terkontrol dengan baik.

  • Kurangi Gula dan Garam
Ilustrasi Gula dan Garam (dok. cloudfront.net)

Selain mengatur porsi menunya, Liners juga harus lebih bijak membatasi konsumsi gula, garam, lemak trans, dan minyak ya. Banyak orang yang meremehkan cara satu ini. Padahal cara ini merupakan salah satu kunci kesuksesan diet sehat yang menjamin kesehatan dalam waktu panjang.

Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan kita untuk membatasi porsi gula, garam, dan lemak dengan prinsip G4G1L5 agar lebih mudah diingat. Panduannya yaitu, gula 4 sdm per hari, garam 1 sendok teh per hari, dan lemak sebanyak 5 sendok makan/hari. Sebagai langkah mengurangi gula, Liners bisa menggantinya dengan pemanis rendah kalori.

  • Olahraga Teratur
Ilustrasi Olahraga (dok. www.romadecade.org)

Mulailah membiasakan diri untuk olahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Untuk memulainya, bisa dengan jalan-jalan santai di pagi hari, atau jogging pada sore hari. Kalau cuma mengatur pola makan saja tapi olahraga pun jarang dilakukan sama saja tidak akan membuahkan hasil diet dengan baik.

  • Hindari Begadang
Ilustrasi Begadang (dok. Hellosehat.com)

Ketika telah mengatur pola makan dan olahraga rutin, begadang juga perlu untuk dihindari. Jika terlalu sering begadang akan berpengaruh kepada kesehatan. Sebisa mungkin tidur yang cukup yaitu 7-8 jam per malam ya, Liners.

(Mellinia Pranandari)

Untuk rekomendasi panduan diet lainnya, liners bisa cek dibawah ini

Mellinia Pranandari

5 Transfer Pemain Terbaik di Liga Top Eropa

Previous article

Kuliah Daring, Mahasiswa Kampus Ini Dapat Kuota Gratis

Next article

You may also like

3 Comments

  1. Emang udah manis,jadi jarang konsumsi gula mbak

  2. Informasinya sangat membantu untuk menjalankan diet sehat

  3. Kalo mau sehat tp ngga mau diet gimana mba?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle