InfografisLifestyle

Menjelang Tahun Baru, Lakukan Ini Untuk Hindari Stress Akibat Macet!

0

ALINEA – Menjelang tahun baru 2020 tentu menjadi kesempatan untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga, tetapi tak terlepas dari kondisi kota yang sangat padat. Jogjakarta contohnya, mencatat kepadatan terjadi akibat jumlah wisatawan yang datang sangat banyak hingga Jogjakarta disebut ‘Jogja rasa Jakarta’.

Kepadatan yang terjadi kerap menimbulkan kemacetan yang pasti mengganggu perjalanan kamu terutama pengemudi hingga dapat memicu stress atau Traffic Stress Syndrome.

Dilansir dari business-standard.com, seorang Psikolog asal Bengaluru, India, Sharanya Thyagarajan meneliti tentang jenis stress ini, Traffic Stress Syndrome cenderung terjadi pada pengemudi yang sudah sangat berpengalaman. Kondisi awal dari stress ini adalah amarah yang berkepanjangan dan emosi yang tak terkontrol selama di perjalanan yang menempuh waktu sangat lama.

Karena itu, sangat penting untuk mengetahui tekanan yang mungkin terjadi saat di kemacetan dan bagaimana cara mencegahnya lewat cara psikologis.

Tarik Nafas dan Ulangi

Jika kamu terjebak di kemacetan, luangkan waktu untuk memanjakan dirimu sendiri dan Tarik nafas perlahan dapat membuat pikiranmu lebih rileks dan dapat mengatur pernapasan anda.

Alihkan Perhatian Kamu

Tidak ad acara yang paling ampuh selain mengalihkan perhatian dari apa yang membebani kita, selama di dalam kendaraan, putarlah music atau podcast untuk menemanimu selama perjalanan yang suntuk, music dipercaya dapat membuat seseorang lebih santai. Jika kamu berada di transportasi publik, gunakan waktu seadanya untuk ngobrol dengan teman ataupun orang tak dikenal.

Makan Yang Sehat, Jangan Biarkan Perutmu Dalam Kondisi Kosong!

Sebagian stress cenderung berasal dari rasa lapar yang dapat mengakibatkan emosi yang tak terkendali, terutama dalam perjalanan ataupun sedang mengemudi kendaraan. Untuk itu, sertakan makan makanan yang sehat sebelum kamu mengemudi kendaraan seperti buah-buahan dan juga sayuran.

Ubah Persepsi Terhadap Stress Itu Sendiri

Cara kita menanggapi stress itu sendiri memainkan peran utama. Bagaimana hal itu mempengaruhi kita. Cobalah untuk selalu berpikir positif dan berbicara positif karena hal itu sangat mempengaruhi cara kita merespon stress.

Mengemudi dengan Penuh Perhatian

Saat mengemudi di sela-sela kemacetan, penting bagi kita untuk memperhatikan dan menerima lingkungan sekitar. Jika kamu terjebak kemacetan yang sudah membuatmu jenuh, menepilah, luangkan waktu untuk istirahat beberapa menit dan mulai lagi.

(faiz)

Faiz Iqbal
Head of Research

Balutan Baru Pada Film ‘Nagabonar Reborn’

Previous article

Pentingnya Merencanakan Target Tahun Depan Kamu Agar Mudah Tercapai

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Infografis