LifeRecommended

Pentingnya Merencanakan Target Tahun Depan Kamu Agar Mudah Tercapai

0

(dok. vivawoman.net)

ALINEA – Memasuki penghujung tahun 2019, beberapa orang akan membuat rencana atau target yang akan mereka capai pada tahun 2020. Sayangnya, banyak dari mereka yang gagal untuk mewujudkan atau mencapai target pada tahun sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah pembuatan rencana yang tidak terarah dan mengakibatkan enggan untuk benar–benar mencapai target tersebut.

Mengutip dari Forbes.com yang telah Alinea rangkum. Berikut beberapa cara membuat target kamu lebih terarah dan lebih giat untuk mencapainya.

Tentukan Alasan Kamu Membuat Target Tersebut

Ketika membuat target, sangat penting bagi kamu kenapa ingin mencapai atau mendapatkan target tersebut dengan alasan yang benar. Seorang psikiater Dr. Michael Bennet mengatakan kepada New York Times “ketika kamu melakukan sesuatu karena rasa benci terhadap diri sendiri atau karena rasa penyesalan biasanya tidak berlangsung lama”.

Dengan kata lain kamu yang membuat target karena rasa penyesalan dan rasa benci terhadap diri kamu sendiri akan membuatmu perlahan berhenti berusaha untuk mencapai target tersebut. Ia juga mengatakan alasan agar kamu ingin berkorban dan benar–benar mencapai target tersebut adalah dengan memikirkan apa yang bagus untuk merubah hidupmu lebih baik dan membawa seseorang dalam hidupmu yang akan memperkuat target atau sebagai alasan pencapaian kamu.

Jangan Takut Untuk Membuat Target Yang Besar

Menurut Harvard Medical School, membuat target atau cita–cita yang besar akan membuat kamu memiliki keinginan yang besar pula untuk mencapainya. Dengan ini biasanya kamu juga akan menginspirasi orang di sekitarmu yang bisa saja memberikan semangat dan bantuan kepadamu untuk mencapai target tersebut.

Selalu Ukur Perkembangan Dan Kemajuanmu

Dengan mengukur bagaimana proses pencapaianmu, kamu akan tahu dan mengoreksi dirimu sendiri dengan membuat target seperti apa, berapa, dan bagaimana. Terkadang target yang kamu buat dalam proses pencapaiannya kamu bisa berhasil dan melebihi apa yang kamu targetkan. Setelah melihat dan mengukur perkembangan dan kemajuan mu jangan pernah puas dan selalu selesaikan dan tingkatkan targetmu.

Jangan Takut gagal!

The American Pshychological Association menuliskan salah satu kunci kesuksesan adalah bagaimana kamu memperlakukan diri kamu sendiri ketika mengalami kegagalan, dan suatu saat kamu pasti mengalami kegagalan.

Kegagalan adalah proses dari suatu keberhasilan. Ketika mengalami hal ini pikirkan lagi apa yang membuat mu gagal dengan target tahun lalu. Segeralah buat perubahan dan rubahlah kebiasaanmu yang menghambat proses pencapaian target tersebut.

Segeralah mulai besok!, dan jangan biarkan rasa kecewa dan malu menghantuimu. Semua orang pernah gagal, dan jangan pernah kegagalan membuat mu kehilangan rasa ingin mencapai target. Wajar ketika seseorang membuat target untuk tahun depan agar lebih baik dari tahun sebelumnya, pastikan target yang kamu buat terarah dan memiliki alasan yang tepat.

(ari)

Ariskha Ikhrom

Menjelang Tahun Baru, Lakukan Ini Untuk Hindari Stress Akibat Macet!

Previous article

Rahasia Si Gemerlap Warna-Warni Kembang Api

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *