Lifestyle

Ngabuburead Bersama 3 Rekomendasi Buku Misteri Ini, Yuk!

0
Ngabuburead
Ngabuburead membaca buku Sherlock Holmes, Detektif Conan, dan Psychic Detective Yakumo | Sumber: Gramedia Digital, Goodreads, Intan Touri Putouri

Selama ramadan, salah satu kegiatan yang biasa dilakukan adalah ngabuburit. Ada yang keliling naik motor atau sepeda, menyiapkan hidangan buka puasa, menonton Televisi, dan lain sebagainya. Di kalangan kutu buku, ada istilah ngabuburit yang cukup terkenal, Liners. Apa lagi kalau bukan ngabuburead!

Ngabuburead

Kalau kata Wikipedia, ngabuburit atau mengabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Jadi, seperti namanya, ngabuburead adalah kegiatan membaca sambil menunggu azan Maghrib menjelang berbuka puasa. Kegiatan sore selama ramadan ini diisi oleh membaca berbagai buku. Buku yang dibaca beragam, bisa sesuai kehendak sendiri, mengikuti ajakan teman, bahkan baca bersama. Para kutu buku asik membaca sambil menunggu azan Maghrib berkumandang.

Kali ini, Alinea akan kasih Liners 3 rekomendasi buku ber-genre misteri. Bisa juga nih untuk menemani Liners ngabuburead.

Sherlock Holmes

Siapa sih yang tidak kenal sosok Sherlock Holmes? Yup, tokoh fiksi seorang Detektif Swasta ini mampu menginspirasi banyak pembaca. Dikarang oleh Sir Arthur Conan Doyle, buku klasik ini memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu diceritakan melalui sudut pandang tokoh dr. John Watson–sahabat karib Sherlock Holmes.

Ada banyak seri dari kisah Sherlock Holmes ini. Kalau Liners baru mulai membaca seri ini, disarankan untuk membaca A Study in Scarlet. A Study in Scarlet ini adalah kisah pertama yang ditulis oleh Sir Doyle, menceritakan awal pertemuan Watson dan Holmes. Watson pun dibuat kewalahan saat berusaha menggali tentang Holmes. Pasti Liners dibuat penasaran juga saat membaca!

Detektif Conan

Siapa bilang membaca komik bukan berarti membaca buku? Komik juga merupakan buku, hanya saja dengan penulisan yang berbeda dan disertai ilustrasi. Nah, Detektif Conan ini lebih dikenal dalam seri komiknya.

Detektif Conan menceritakan tentang seorang Detektif SMU bernama Kudo Shinichi yang tubuhnya berubah mengecil karena dipaksa meminum obat beracun. Shinichi yang harusnya tewas setelah meminum obat tersebut, justru berubah menjadi seorang murid SD. Dengan menggunakan nama Edogawa Conan, Shinichi pun melakukan penyelidikan demi mengembalikan tubuh normalnya.

Tidak hanya komik, Detektif Conan juga tersedia dalam versi light novel dan buku sains loh!

Psychic Detective Yakumo

Kisah Detektif yang satu ini bisa dibilang masih tergolong baru di Indonesia. Dikarang oleh penulis asal Jepang bernama Manabu Kaminaga, Psychic Detective Yakumo menceritakan tentang seorang Detektif Paranormal bernama Saitou Yakumo. Dengan menggunakan mata kirinya yang berwarna merah, Yakumo mampu memecahkan kasus-kasus rumit. Mata kiri tersebut mampu melihat makhluk-makhluk gaib.

Kesan paranormal sangat kental dalam kisah ini, tapi sisi misterinya pun tidak kalah ditonjolkan. Yakumo adalah seorang yang memiliki kepala dingin, sehingga pembaca bisa merasakan sisi misterinya yang juga cukup kental. Liners disarankan untuk mulai membaca edisi The Red Eye Knows karena merupakan volume pertamanya.

Paranormal, misteri, horor, petualangan, dan sedikit komedi jadi satu? Buku ini wajib Liners baca!

Memilih membaca buku ber-genre misteri bisa membawa Liners hanyut dalam pemecahan kasus-kasusnya. Tidak terasa, azan Maghrib pun sudah berkumandang. Bisa jadi alternatif bacaan bagi Liners untuk menghabiskan waktu ngabuburead-nya! Mungkin Liners bisa memecahkan kasus sebelum kisah berakhir. Selamat membaca!

(Pinky)

Pinky Nur Azizah
Mahasiswi Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" jurusan Penyiaran, prodi Manajemen Produksi Siaran (Manaprodsi). Menekuni bidang menulis karena merasakannya sebagai sebuah kebutuhan dan refleksi diri, serta bidang berita online untuk mengasah kemampuan dan menambah pengalaman. Memiliki nama pena yaitu Pinky N.A.

Tokopedia Diduga Bocorkan Data Pengguna, Ini Tanggapan Kominfo

Previous article

Bantu cegah COVID-19, Dewan Penyantun STMM Yogyakarta Bagikan Masker Gratis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle