0

Howdy Liners! Air merupakan elemen yang sangat penting. Sekitar 50-70% tubuh manusia terdiri dari air, termasuk kulit, jaringan tubuh, sel-sel dan seluruh organ. Nah Liners, berikut ini beragam fungsi air bagi tubuh kita.

Banyak air yang kita butuhkan bergantung pada berbagai faktor, seperti jenis kelamin, berat badan dan seberapa banyak aktivitas yang dilakukan. | Sumber: Bipolar Network News

Beberapa manfaat dari meminum air putih guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah:

Mencegah dehidrasi

Kekurangan cairan memiliki berbagai efek samping seperti dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup air untuk mendukung fungsi-fungsi vital.

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Sekitar 60% dari tubuh manusia terdiri dari air. Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan masih banyak lagi.

Melancarkan sirkulasi darah

Air dapat membantu meningkatkan dan memperlancar sistem peredaran darah manusia. Konsumsi air akan membantu dalam proses transportasi dalam tubuh manusia.

Membantu pengeluaran racun

Keringat dan urin merupakan proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Air dapat membantu mengeluarkan cairan keringat serta menurunkan risiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Membantu kerja ginjal

Konsumsi cairan yang cukup dapat membantu meringankan kerja ginjal sehingga mencegah penyakit batu ginjal dan gagal ginjal. Ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah, dan mengangkut urin. Ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan tubuh.

Membantu distribusi gizi

Air diperlukan untuk memproses semua zat gizi yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi dan membawa zat gizi tersebut ke seluruh sel-sel tubuh melalui sistem limfatik.

Menjaga kesehatan kulit

Cukup mengonsumsi cairan dapat membantu melembabkan kulit, membuat kulit terus segar, lembut, bercahaya, dan halus. Racun dalam tubuh dapat memiliki efek yang dapat menyebabkan kulit meradang, menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya akan menyebabkan jerawat.

Mencegah penyakit berbahaya

Manfaat air putih lainnya adalah untuk mencegah berbagai penyakit kronis yang menyerang tubuh. Penyakit ini antara lain adalah stroke, kanker, dan banyak penyakit lainnya yang dapat dicegah dengan minum air putih minimal 2 liter per hari.

Selain itu manfaat terpenting air putih adalah menurunkan kadar racun yang ada di dalam tubuh melalui air seni. Semakin banyak kita minum air putih maka akan semakin banyak racun yang akan dibuang dari dalam tubuh kita.

Rekomendasi jumlah air minum per hari yang baik

Minum air putih dianjurkan setidaknya 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter, agar tubuh tidak dehidrasi. Selain menghindari dehidrasi, minum air putih pun penting untuk mencegah kulit kering, mulut kering, dan bibir pecah-pecah.

Akan tetapi, ternyata aturan minum air putih yang tepat bukanlah 8 gelas per hari. Pasalnya kebutuhan konsumsi jumlah air putih setiap orang berbeda.

Dilansir dari laman Readre’s Digest, National Academy of Science, Engineering, and Medicine, merekomendasikan aturan minum air putih yang tepat.

Untuk pria, dalam satu hari setidaknya harus mendapatkan 3,7 liter atau sekitar 15 gelas, dan perempuan harus sebanyak 2,7 liter atau sekitar 11 gelas.

Sebagian besar panduan kesehatan yang kita dengar berupaya untuk memastikan bahwa kita minum cukup air, terutama saat cuaca panas, saat Liners mengalami masalah dengan perut atau saat berolahraga.

Tapi, berapa jumlah yang tepat? Dan mungkinkah Liners minum terlalu banyak?

Benarkah 8 gelas sehari?

Liners mungkin pernah mendengar bahwa delapan gelas sehari adalah jumlah yang harus diminum.

Saran ini nampaknya berasal dari rekomendasi Badan Makanan dan Gizi dari Dewan Riset Nasional Amerika Serikat di tahun 1945, yang menyatakan: “Konsumsi air yang sesuai untuk orang dewasa adalah 2,5 liter setiap hari. Pada kebanyakan kasus sebagian besar kuantitas ini berada dalam makanan kemasan.”

Tetapi menurut ahli diet Lembaga Penelitian Australia (CSIRO), Penny Taylor, sebenarnya tidak ada aturan baku dan instan mengenai berapa banyak air yang perlu minum.

Berapa banyak air yang kita butuhkan bergantung pada berbagai faktor, seperti jenis kelamin, berat badan, dan seberapa banyak aktivitas fisik yang kita lakukan.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah di mana Liners tinggal. Mereka yang tinggal di iklim yang lebih hangat dan lembab cenderung berkeringat lebih banyak dan kehilangan lebih banyak cairan.

(Rani Widnadianti)

Rani Widnadianti

MotoGP Virtual Race: Saatnya Pembalap Unjuk Gigi di Layar Virtual

Previous article

Masker Kain, Ladang Baru Para Penjahit

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle