News

Rapid Test 2.0, Alat Test Buatan UNPAD-ITB

0
Alat rapid test 2.0 bernama Deteksi CePAD buatan Jawa Barat.
Alat Rapid Test 2.0 Buatan Mahasiswa UNPAD-ITB (dok. instagram/@ridwankamil)

ALINEA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memperkenalkan Alat Rapid Test 2.0 buatan Mahasiswa UNPAD-ITB, melalui akun instagramnya @ridwankamil (23/6/2020). Alat tersebut dinamakan Deteksi CePAD (Cepat, Praktis, dan Andal)

Menurut pria yang sering disapa Kang Emil, Alat Rapid Test 2.0 ini lebih akurat dan lebih murah dibandingkan alat yang diimpor, tingkat kekuratannya mencapai 80%.

Dilansir dari akun istragramnya @ridwankamil,  Alat ini dikabarkan akan diproduksi sebanyak 5.000 kit pada bulan Juni, 10.000 kit pada bulan Juli, dan 50.000 kit pada bulan-bulan berikutnya.

“Unpad minggu ini sudah memulai produksi Alat Rapid Test sendiri yang jauh lebih akurat dan jauh lebih murah dibanding yang impor sekarang ini. Keakuratan 80% sudah hampir setara dengan tes PCR” tulis Ridwan Kamil.

Selain itu, Ridwan Kamil mengunggulkan alat ini karena menggunakan deteksi antigen, bukan antibodi seperti Alat Rapid Test sebelumnya.

Baca juga: Pemeriksaan Anti SARS CoV-2 Bagi Civitas Akademika STMM Yogyakarta

“Rapid test Antigen (meski bukan deteksi RNA) memeriksa bagian protein dari virus covid secara langsung. Sedangkan Rapid test antibody yang diperiksa adalah adanya respon tubuh terhadap virus. Perlu waktu, dan perlu jumlah yang cukup untuk terdeteksi.” Tulis ridwan kamil melalui akun instagramnya.

(Annisa)

Annisa Nurul

Pemeriksaan Anti SARS CoV-2 Bagi Civitas Akademika STMM Yogyakarta

Previous article

Devi Rahma (Prodi Manarita) Raih Juara 2 Kompetisi Reportase Daring

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login/Sign up