Rekomendasi Web Comic Indonesia Buat yang Lagi Galau

web comic
Membaca Komik Digital (Foto : doc www.imore.com)

ALINEA Howdy Liners! Gimana kelas daringnya? Bikin pusing? Jadi galau? Butuh hiburan? Atau mulai bosan bermain sosial media? Nah, list web comic (webcom) di bawah ini cocok banget buat liners yang lagi cari hiburan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Ini dia rekomendasi yang lucu-lucu dan dijamin menghibur.

  1. Just Friends
web comic #1
Foto doc : instagram/clnuna

Menceritakan kisah persahabatan Bagas dan Aron di masa-masa SMA. Berbagai permasalahan nyeleneh yang terjadi justru menjadi hal lucu dan daya tarik bagi web comic karya clnuna ini. Web comic ini sukses digemari dan jadi favorit para pembacanya.

2. Hantu +62

web comic
Foto doc : instagram/meiditoo

Meski baru dirilis, Hantu +62 sudah diminati para pecinta komik di Indonesia. Web comic karya Meidito Dian ini menceritakan tentang kisah hantu-hantu Indonesia dengan paras-paras rupawan, yang tidak ditakuti dan justru menjadi idola. Tidak hanya parasnya yang rupawan, hantu-hantu ini juga punya kebiasaan yang jenaka dan tidak terbayangkan.

3. Si Ocong

web comic
Foto doc : line.webtoon/Agung Gunawan

Hoodie merah dan tudung yang berbentuk seperti tali pocong menjadi ciri khas dari karakter Ocong di kisah Si Ocong karya Agung Gunawan ini. Web comic yang dirintis sejak tahun 2016 ini, hingga kini telah mencapai ratusan episode. Isinya berupa cerita-cerita pendek keseharian Ocong yang menghibur di setiap episodenya.

4. Muros

web comic
Foto doc : line.webtoon/Surya Putra

Berkisah tentang cowok ganteng yang kegantengannya hanya bisa dilihat dengan mata batin, membuat webcom Muros berhasil diterima oleh para pecinta komik. Surya Putra Bahari sebagai author menggambarkan sosok Muros yang pintar, namun sering disalahartikan oleh sekitar karena memiliki wajah yang dewasa. Meski baru dirilis Agustus 2020, komik ini berhasil masuk Top 5 web comic komedi di Indonesia lho.

5. Art/Stroke

web comic
Foto : doc line.webtoon/M.M

Rio adalah murid baru penerima beasiswa di sekolah seni elit berisi murid-murid berbakat. Sebagai author, M.M menggambarkan keseharian dan semangat Rio yang terlalu positif dan terkesan lucu, yang justru menjadikannya masuk ke jajaran top web comic bergenre komedi.

6. Jangan Baca Webtoon Ini

web comic
Foto doc : instagram/rearedina

Dari judulnya saja sudah bikin penasaran yah liners? Cerita yang membuat ketagihan pembaca di setiap episodenya ini merupakan karya komikus dari web comic “Terlalu Tampan”, yaitu Mas Okis bersama dengan Rea. Kisah lucu seseorang yang masuk ke dunia webcom ini dikemas dengan adegan-adegan komedi yang membuat pembaca semakin tertarik.

Baca juga: Film Generasi 90-an: Melankolia, Upaya Mengikhlaskan Seseorang

7. Kecoa dan Dendam

Foto : doc line.webtoon/Renato Adhitama

Buat yang takut kecoa, tidak direkomendasikan yah. Tapi, kecoa yang digambarkan Renato Adhitama ini lebih lucu lho dari kecoa aslinya. Kisah kecoa yang ingin memerangi manusia untuk membalaskan dendam kematian keluarganya ini telah dibaca lebih dari 4 juta pecinta web comic di Indonesia. Kebayang ngga sih selucu apa kalau dibaca?

(Shahnaz Dinda)

BERITA TERKAIT