Yuk Disimak! Persiapan Menjelang Lebaran Yang Wajib Kamu Tau!

Muslim family having a Ramadan feast

ALINEA – Bulan Suci Ramadhan menjelang usai, setelah melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh saatnya merayakan kemenangan dengan Hari Raya Idul Fitri.

Untuk menyambut kedatangan Hari Raya Idul Fitri, apa aja yang sudah Liners siapkan nih? kalau kalian belum punya persiapan apapun, yuk disimak beberapa persiapan menjelang lebaran yang dirangkum Alinea berikut ini.

1. Menunaikan Zakat Fitrah

Sebelum mengakhiri Bulan Ramadhan, salah satu keutamaan yang tidak boleh terlewat adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah bisa dibayarkan berupa 3,5 liter atau 2,5 kg makanan pokok (beras) atau secara tunai dengan sejumlah harga makan pokok tersebut.

Untuk menunaikan zakat fitrah bisa disalurkan secara langsung yaitu kepada orang-orang yang membutuhkan atau secara online yaitu melalui BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional). Jadi, jangan lupa untuk bayar zakat fitrah kalian Liners!

2. Membersihkan Rumah

Persiapan lain yang perlu dilakukan menjelang lebaran yaitu dengan membersihkan rumah. Tentunya momen lebaran menjadi momen bagi umat muslim untuk saling bersilaturahmi dan berkumpul bersama sanak saudara. Dengan kondisi rumah yang rapi dan bersih akan menciptakan suasana yang nyaman saat berkumpul di hari lebaran.

3. Mencuci Peralatan Ibadah

Selain beres-beres rumah, membersihkan peralatan ibadah juga tidak kalah penting sebelum merayakan lebaran. Momen Shalat Ied merupakan momen yang ditunggu-tunggu umat muslim, supaya ibadah lebih khusyuk dan nyaman, pastikan untuk mencuci peralatan ibadah seperti mukena, sajadah, sarung dan peci mu ya Liners!

4. Menyiapkan Hidangan Khas Lebaran

Menyiapkan hidangan khas lebaran merupakan kegiatan yang tidak boleh terlewat sebelum merayakan lebaran. Makanan khas lebaran seperti opor ayam, ketupat, dan rendang merupakan makanan yang tidak boleh absen saat merayakan lebaran.

Untuk menjamu para tamu yang datang ke rumah, menyiapkan kue-kue lebaran seperti nastar, kastangel, putri salju, kacang mete dan lain-lain juga hal yang wajib. Kalo Liners udah beli kue apa aja nih buat lebaran?

Sumber : Freepik.com

5. THR

Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan THR atau Tunjangan Hari Raya. Hal yang lumrah apabila banyak orang yang menunggu momen perayaan ini untuk mendapatkan THR, tidak hanya anak-anak saja kalangan dewasa juga bersemangat apabila mendapatkan THR. Liners, kira-kira lebaran kali ini dapet THR ngga nih?

6. Bingkisan Lebaran

Selain THR, Menyiapkan bingkisan atau hampers menjelang lebaran juga perlu diperhatikan. Saling bertukar hampers menjelang lebaran sudah menjadi tradisi. Maka dari itu kalian bisa siapkan bingkisan atau hampers apa yang bakal kalian beri ke sanak saudara saat berkunjung.

Sumber : Pinterest

Itulah beberapa tips dari Alinea yang bisa Liners persiapkan menjelang lebaran. Dengan persiapan yang baik maka momen lebaran kalian akan jauh lebih berkesan dan bermakna. Jadi gimana Liners sudah siap untuk merayakan Idul Fitri tahun ini?

Minnal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin ya Liners!

 

Penulis : Aiko Putri Tanjaya

Editor : Indah Nur Shabrina

Baca juga : Tetap Sehat Selama Puasa, Ini Caranya!


 

Tags : | | | |

BERITA TERKAIT