Lifestyle

Beberapa Tips Ampuh Cegah Ketiduran Setelah Makan Sahur

0
Ketiduran setelah sahur
Ilustrasi Mengantuk Setelah Sahur. Sumber : Distractify.com

Alinea – Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling dinanti umat muslim di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Semua orang saling berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah puasa dengan baik. Saat sahur sekalipun hidangan terbaik disajikan untuk disantap bersama keluarga dan kerabat terdekat. Bukan tanpa alasan, makan sahur berguna untuk mengisi tenaga agar kuat berpuasa hingga waktu berbuka.

Namun, ada satu masalah yang kerap muncul selepas makan sahur dan mungkin semua orang pernah merasakannya. Masalah tersebut adalah mengantuk. Padahal ada beberapa kegiatan yang harus dimulai ketika pagi hari, mulai dari bekerja, kuliah, sekolah, maupun kegiatan rumah tangga. Liners ngga mau kan sampai absen kerja atau kuliah gara-gara ketiduran?

Beberapa tips untuk Liners mengatasi kantuk  setelah sahur

  • Jangan tidur terlalu malam

Atur pola tidur malam selama bulan puasa. Jangan sampai Liners hanya tidur sebentar sebelum sahur yang mengakibatkan rasa kantuk saat makan sahur. Pola tidur yang berantakan juga kadang mengakibatkan Liners tidak terbangun untuk sahur.

  • Cuci muka sebelum sahur

Ketika terbangun untuk sahur, jangan terburu-buru untuk makan dan minum. Biasakan cuci muka dan mulut agar badan lebih segar dan kantuk hilang.

  • Makan secukupnya

Makan banyak ketika sahur tidak menjamin Liners terhindar dari lemas pada saat puasa. Oleh karena itu, makanlah dengan porsi yang cukup. Makan berlebih hingga kekenyangan dapat mengakibatkan Liners mengantuk

  • Makanlah sayur dan buah-buahan

Variasikan menu sahur dengan sayur dan buah-buahan. Seimbangkan dengan daging yang dikonsumsi agar mendapat protein, vitamin, dan zat-zat lain yang dibutuhkan tubuh selama puasa.

  • Minum air putih

Air putih bisa membuat tubuh segar selama beraktivitas dan tidak mengantuk. Minum air putih yang cukup, karena tubuh membutuhkan banyak cairan selama puasa.

  • Kegiatan setelah sahur

Untuk menunggu datangnya subuh setelah makan sahur, Liners dapat melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari nonton TV (Para Pencari Tuhan udah jilid 13 lho), main gadget, atau mengaji. Mengaji pun lebih bermanfaat dan mendatangkan pahala. Waktu menunggu salat subuh pun menjadi tidak terasa.

  • Olahraga pagi

Lakukan olahraga pagi untuk menjaga tubuh tetap kuat selama berpuasa. Tidak perlu olahraga berat karena ditakutkan mendatangkan dahaga. Cukup lakukan olahraga ringan di pagi hari agar banyak menghirup udara segar dan membuat badan bugar.

Itulah beberapa tips menghindari ketiduran setelah sahur. Silakan Liners coba dan buktikan bahwa di bulan puasa ini supaya tetap produktif.  Hindarilah tidur setelah sahur, karena banyak penelitian yang menyebutkan bahwa tidur setelah sahur bisa mendatangkan penyakit.

(Octavian Prasetyo)

Octavian Prasetyo

Jawa Tengah Terapkan Jogo Tonggo Non PSBB untuk Hadapi Pandemik Covid 19

Previous article

Dilarang Mudik, Pesawat Penumpang Beralih Fungsi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle