0

ALINEA – Pandemi masih menjadi hal yang mengkhawatirkan. Akibatnya, seluruh kegiatan pembelajaran baik SD, SMP, SMA, hingga perkuliahan masih harus dilakukan secara online. Tentunya hal ini sangat meresahkan bagi beberapa pihak, terutama mahasiswa yang terbiasa dengan banyaknya kegiatan di kampus. Beberapa orang bahkan merasa dirinya menjadi kurang produktif.

Ini disebabkan karena terbatasnya hal-hal yang bisa dilakukan. Wah, jangan sampai terlena dan menjadi malas-malasan ya, liners! Ini tips dari Alinea buat kamu yang tetap mau produktif!  

Tekuni Hobi

(Coba Melukis Melalui Media Digital, Foto : doc wewo.co.id/Triwibawa ‘Cimot’ Santosa, Illustrator Profesional )

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda. Ada yang suka membaca buku, menulis cerita, menyanyi, menari, melukis, atau berolahraga. Di tengah kondisi seperti ini, ada baiknya liners tetap mengisi waktu untuk melakukan hobi yang disukai agar tetap semangat dan tidak mudah bosan. Lebih baik lagi jika mencoba mengembangkan hobi yang disukai.

Sebagai contoh, kalau kalian suka menyanyi atau menari bisa memulai membuat video cover. Bila gemar melukis, bisa membuat lukisan di media digital atau manual, lalu mengunggahnya ke media sosial.

Cari atau Pelajari Hal-Hal Baru

produktif diisi oleh kegiatan baru
Belajar Editing Baik Foto atau Video Untuk Mengisi Waktu Luang (Foto : doc dafunda.com)

Bosan dengan kegiatan yang itu-itu aja? Coba cari hal-hal positif baru yang bisa mengisi waktu luang. Kalian bisa memulai dengan hal-hal di sekitar, dari memasak hingga berkebun.

Selain itu, banyak juga platform-platform digital yang menyediakan tayangan untuk mengisi waktu luang atau mengasah skill, baik di bidang digital seperti editing foto atau video hingga fotografi. Jangan malas untuk mencari tahu sebanyak mungkin ya, liners!

Baca Jurnal atau Artikel

Membaca Artikel Terbaru Secara Online (Foto : doc nmc-mic.ca)

Nah, buat liners yang sering berseluncur di media sosial dan tertarik dengan isu-isu yang sedang ramai dibicarakan, kalian bisa mencoba untuk mulai membaca artikel-artikel atau jurnal-jurnal. Bisa terkait ilmu pengetahuan maupun yang berkaitan dengan isu sosial.

Membaca artikel atau jurnal tidak hanya bisa menambah wawasan, tetapi juga meningkatkan analisis kita terhadap suatu masalah dan tidak mudah terkena berita bohong.

Mengikuti Seminar atau Lomba Online

produktif mengasah otak
Mengikuti Seminar Online Dari Rumah (Foto doc : bp-guide.id)

Beragam seminar dan juga lomba diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Kegiatan-kegiatan tersebut digelar secara online baik berbayar maupun gratis. Liners juga bisa mengambil kesempatan ini untuk menambah pengalaman ataupun kegiatan supaya lebih positif dan bermanfaat.

Olahraga

Berolahraga Menjadi Keharusan Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh (Foto : doc Ekrut.com)

Olahraga menjadi hal yang harus dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Meskipun tidak bisa terlalu sering berada di luar, olahraga ringan yang dilakukan di sekitar rumah juga bisa menjadi pilihan untuk menjaga kondisi tubuh tetap stabil.

Baca juga: Rahasia Orang Jepang dalam Mengusir Rasa Malas

Mulai Berbisnis

berbisnis bisa menjadi produktif
Membuat Bisnis Sederhana Untuk Mengisi Waktu Luang dan Menambah Uang Saku (Foto : doc 101red.com)

Waktu luang yang biasanya digunakan untuk organisasi atau sekedar hang-out bersama kawan memang berkurang, namun liners bisa memanfaatkannya dengan memulai bisnis baru.

Tidak perlu skala besar, cukup dimulai dari menjual makanan atau aksesoris sederhana yang bisa dipasarkan di sekitar tempat tinggal kalian, atau bisa juga bekerja sama dengan online store tertentu untuk diperjual-belikan secara online. Selain mengisi waktu luang, hal ini juga bisa menambah uang, baik untuk ditabung atau digunakan.

Menjadi produktif bisa dilakukan dengan berbagai cara, Liners. Tidak perlu memaksakan diri melakukan kegiatan yang berat hingga menyebebkan letih berlebihan. Liners sendiri, sudah melakukan hal-hal produktif apa saja?

(Shahnaz Dinda)

Shahnaz Dinda

Bus Trans Jateng Koridor Solo – Sragen Mulai Beroperasi

Previous article

PKKMB STMM 2020 Sukses Digelar Secara Daring

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle